CP Group Thailand Impor Chery dari Indonesia

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis 15 November 2007 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2007 11 15 52 61130 24kvMuI8v0.jpg

BANGKOK - Perusahaan  Thailand, Charoen Pokphand (CP) Group berencana impor kendaraan China Chery dari Indonesia. Impor tersebut bertujuan untuk memperkenalkan Chery ke pasar Thailand sebelum diproduksi secara lokal.

Saat ini, CP Group sedang menjajaki kerja sama dengan dengan produsen kendaraan China, Chery Automobile untuk membangun pabrik perakitan di Thailand.

"Rencana tersebut masih dalam tahap negosiasi dan belum mencapai kesepakatan final," ujar Suthana Hongthong, Manager of Corporate Communications CP Group seperti dikutip Associated Press, Kamis (15/11/2007).

Selain CP Group, perusahaan Thailand lain yaitu Yontrakit Group juga tertarik menanam saham. Bangkok Post melaporkan, jika kesepakatan terealisasi, pembangunan pabrik tersebut membutuhkan investasi sebesar 1 miliar bath atau sekira USD32 juta.

Suthana menambahkan, pabrik tersebut ditargetkan memproduksi 4.000 hingga 5.000 unit dengan mempertimbangkan permintaan pasar domestik dan regional.

Impor dari Indonesia akan menjadi langkah awal untuk memperkenalkan produk Chery di Thailand. Sebelum menjajaki rencana pembangunan pabrik, CP Group pernah berencana untuk mendatangkan Chery dari Indonesia.

Chery merupakan produsen kendaraan terbesar di China. Sebelumnya perusahaan tersebut juga telah menjalin kerja sama dengan Chrysler dan Fiat Group untuk memproduksi small car. Saat ini, Chery memiliki pabrik perakitan di Rusia, Ukraina, Mesir, Uruguay, dan Indonesia.

 

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini