Smart ForTwo Mobil Mungil Paling Aman

Anton Suhartono, Jurnalis · Jum'at 16 Mei 2008 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2008 05 16 52 109772 TwWBJUzjKT.jpg

WASHINGTON - Mobil mini kadang identik dengan ketidakamanan. Namun model 2008 produksi Daimler, Smart ForTwo membalikkan kesan itu. ForTwo meraih rating tertinggi dalam uji benturan yang dilakukan Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) Amerika Serikat.

Mobil dengan panjang 2,4 meter tersebut mendapat rating tertinggi untuk uji benturan depan dan samping. Ini sekaligus menjawab kekhawatiran konsumen bahwa mobil berdimensi kecil rentan menimbulkan dampak fatal jika terjadi kecelakaan.

Hasil uji benturan yang diumumkan Rabu lalu mengungkap, Smart ForTwo mengungguli mobil-mobil yang memiliki panjang dan bobot yang sama. Pihak IIHS menyatakan, hasil ini tidak bisa dibandingkan dengan mobil yang memiliki bobot di atas Smart ForTwo. Artinya bukan berarti ForTwo lebih aman jika dibanding mobil dengan dimensi dan bobot di atasnya.

Presiden IIHS, Adrian Lund mengatakan, mobil kecil sangan menguntungkan digunakan di area perkotaan yang padat, sehingga kecil kemungkinan mobil ini mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi. "Kami hanya ingin memastikan bahwa mobil kecil juga aman digunakan," tegas Lund.

Pada uji benturan depan, mobil berbobot 817 kg ini, dipacu pada kecepatan 64 km/jam kemudian ditabrakan pada benda solid. Sementara untuk uji benturan samping, ForTwo ditabrak oleh mobil SUV yang melaju pada kecepatan 50 km/jam.

Sementara untuk benturan belakang, ForTwo hanya mendapat rating kedua dari tertinggi atau acceptable.

Smart merupakan divisi dari Daimler AG Mercedes Benz. Mobil yang dipasarkan di AS dengan banderol mulai USD12.000 ini, mengonsumsi bahan bakar 12 km/liter untuk dalam kota dan 17 km/liter di jalan bebas hambatan.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini