Share

Toyota Berencana Alihkan Produksi Avanza

sindo, Jurnalis · Senin 26 Mei 2008 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2008 05 26 52 112459 Kc6cFGSyPl.jpg

JAKARTA - Toyota Astra Motor (TAM) akan mengalihkan produksi sebanyak 24.000 unit Avanza dari Astra Daihatsu Motor (ADM) ke Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Toyota Avanza merupakan produk hasil kolaborasi antara Toyota dengan Daihatsu.

Chief Corporate Planning TMMIN, Irwan Priyantoko mengungkapkan, saat ini studi mengenai rencana tersebut sedang berlangsung. Jika berjalan dengan baik, pada Juni proses perpindahan produksi ini sudah diputuskan. "Sampai sekarang kita sedang menunggu keputusan prinsipal Toyota dari Jepang," ungkap Irwan saat dikonfirmasi Minggu (25/5/2008).

Dengan perpindahan produksi ini, jelas Irwan, akan ada investasi baru di TMMIN. Sebab, salah satu faktor yang masih dikhawatirkan dalam rencana ini adalah jumlah kapasitas produksi TMMIN yang masih terbatas. "Namun, kita masih menghitung dan belum bisa menebak berapa jumlah investasinya," imbuh dia.

Produk ini mengisi kekosongan produk di segmen low multipurpose vehicle (MPV). Daihatsu meluncurkan produk kolaborasi ini dengan nama Daihatsu Xenia. Menurut sumber di TAM, perpindahan produksi ini akan dilaksanakan pada kuartal III-2008. Produksi Avanza yang dipindahkan, menurut dia, hanya bagi produk yang akan diekspor, sisanya tetap akan diproduksi di ADM.

Perpindahan produksi ini, jelas sumber tersebut, disebabkan ketidakmampuan ADM memenuhi target produksi sehingga mengorbankan konsumen. Ketimpangan kapasitas produksi ADM dengan jumlah yang ditargetkan menurut dia terlalu jauh. "ADM bisa dibilang belum siap dalam hal ini. Kita tidak bisa mengorbankan konsumen," jelasnya.

Saat ini, TMMIN telah memproduksi sejumlah produk Toyota, antara lain Kijang Innova dan Dyna. Kapasitas terpasang pabrik yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat itu, berjumlah 100.000 unit per tahun.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini