Mercy Bertenaga Listrik Meluncur Mulai 2010

Anton Suhartono, Jurnalis · Senin 23 Juni 2008 10:27 WIB
https: img.okezone.com content 2008 06 23 52 121233 GvIHBLSr7p.jpg

FRANKFURT - Produsen mobil premium Mercede Benz, Daimler AG berencana memproduksi mobil listrik untuk brand Smart dan Mercedes Benz mulai 2010 mendatang.

Daimler merencanakan produksi brand Smart electric pada 2010 kemudian nenyusul mobil-mobil Mercedes di tahun yang sama. Saat ini, Daimer sudah memiliki 100 unit generasi pertama brand Smart yang digerakkan dengan listrik di Inggris.

Chief Executive Daimler, Dieter Zetsche seperti dikutip Associated Press, mengatakan pihaknya belum menentukan harga mobil tersebut. Namun menurutnya, ini merupakan bagian dari keinginan konsumen untuk membayar lebih jika memiliki mobil-mobil listrik. Ia juga mengatakan akan mempetimbangkan produksi motor listrik secara internal sehingga harga jual dapat ditekan. Ini bukan suatu yang mustahil karena Daimler berkomitmen mengembangkan mobil-mobil efisien bahan bakar dan ramah lingkunga. "Setengah dari biaya penelitian, kami habiskan untuk mengembangkan mesin efisien bahan bakar dan ramah lingkunga, termasuk mobil listrik," katanya.

Setelah Daimler berpisah dengan Chrysler, Zetsche mengungkapkan pihaknya tidak memiliki kesulitan untuk berinvestasi di sektor mobil listrik, terlebih lagi dalam masalah teknologi. Pernyataan Zetsche menanggapi seputar sikap pesimis banyak kalangan bahwa Daimler tidak akan banyak berkembang setelah berpisah dengan Chrysler, terutama dalam hal investasi. Saat ini, sekira 93 persen saham Daimler dimiliki banyak kalangan secara terbuka. Pengusaha Kuwait merupakan pemilik kue saham terbesar, yaitu sebanyak 7 persen.

Sebelumnya pabrikan mobil lain sudah mengumumkan rencana pembuatan versi produksi mobil listrik. Chief Executive Volkswagen, Martin Winterkorn mengatakan bahwa masa depan akan dimiliki mobil-mobil bertenaga listrik. Demikian dengan General Motors yang optimistis produk Chevrolet Volt-nya sudah dapat dipasarkan mulai 2010.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini