Daimler Akan Lepas Saham Chrysler

Anton Suhartono, Jurnalis · Kamis 25 September 2008 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2008 09 25 52 149156 8Pxci6tYun.jpg

DETROIT - Produsen mobil Jerman Daimler AG berencana menjual sisa sahamnya di Chrysler LLC kepada Carebus Capital Management. Daimler akan melepas 19.9 persen sisa sahamnya.

Juru bicara Daimler Han Tjan seperti dikutip Associated Press, Kamis (25/9/2008) mengatakan, pihaknya sedang mengadakan pembicaraan dengan Chrysler. Namun Tjan tak bersedia berkomentar mengenai isi pembicaraan. Dia hanya menyatakan, jika rencana ini jadi, pihaknya tetap akan melanjutkan kerjasama dengan produsen mobil yang berbasis di Amerika itu.

Sebelumnya Carebus sudah membeli 80,1 persen saham Chrysler dari Daimler pada Agustus 2007 lalu. Nilainya mencapai USD7,4 miliar atau sekira Rp69,3 triliun. Pembelian mayoritas saham tersebut sekaligus menandai berakhirnya 9 tahun partnership antara raksasa automotif Jerman dan Amerika. Namun kerjasama masih berlanjut untuk pengembangan teknologi diesel dan lainnya.

Jika pembelian ini terelisasi, Chryser akan sepenuhnya menjadi hak Carebus. Namun performa Chrysler di awal tahun kepemilikan Carebus belum terlihat hasilnya. Hingga saat ini, Chrysler masih rugi USD400 juta atau sekira Rp3,75 triliun.

Chief Executive Chrysler Bob Nardelli bahkan menginstruksikan kepada jaringan untuk lebih sering mempublikasikan profil bisnis dan prouduk masa depannya. Ini berkaitan untuk mengubah citra pasar akan mobil efisisen dan ramah lingkungan yang segera digelontorkan ke pasar global.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini