Komodo, Mobil Jelmaan Kendaraan Roda Dua

Prasetyo Adhi, Jurnalis · Sabtu 16 Mei 2009 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2009 05 15 52 220186 3RgjwlQY5p.jpg

JAKARTA - Bila negara lain punya kendaraan offroad, ternyata Indonesia juga punya. Namanya Komodo. Berbeda dari mobil kreasi anak bangsa lainnya, komodo mampu menerjang medan ekstem.

Kendaraan ini sebenarnya merupakan jelmaan kendaraan roda dua. Lihat saja mesinnya yang berkapasitas 180 cc 2-tak. Mirip motor bukan.

"Memang mesinnya mesin motor, tapi kan lebih baik dari motor," ujar Engineering Komodo Deddy Junianto ketika ditemui okezone di sela Pameran Produksi Indonesia, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (15/5/2009)

Kelebihan ini, kata dia, karena kendaraan kreasi PT Fin Tetra Indonesia yang berpusat di Cimahi Jawa Baat tersebut mampu mengangkut 2 orang dan juga barang bawaan sekaligus.

Hal ini dimungkinkan karena Komodo telah menggunakan suspensi double wishbone dengan per keong bersistem independent  baik dibelakang maupun di depan. "Kita sudah lakukan uji coba dimedan-medan ekstrem, bahkan sampai ketinggian ari separuh roda," ujarnya meyakinkan.

Namun, karena mesinnya masih 2-tak, maka bahan bakar Komodo masih merupakan campuran bensin dan oli. Perbandingannya bensin 25 liter:1 liter oli.

Tapi jangan sangsikan soal kemampuan Komodo. namanya juga binatang tangguh, maka mobil ini pun sanggup dibawa lari 40 km/jam di jalan berbatu. Sedangkan di jalan yang rata, kendaraan ofroad ini sanggup digeber hingga 60 km/jam. "Mungkin kalau dilihat secara angka kecil, tapi ketika dipakai di jalan yang berbatu, bisa rasakan sendiri," kata Deddy.

Ada dua pulihan varian Komodo, yang single seater dan double seater. Perbedaannya hanya pada jumlah kursi penumpang. "Kalau yang kursi satu, tempat bagasi lebih besar, tapi kalau yang bis amuat dua orang, bagasinya lebih kecil," jelas dia.

Untuk mendapatkan kendaraan yang memliki kemampuan di medan berat ini, PT Fin tetra Indonesia melepas Komodo dengan harga Rp45-50 juta. "Kalau yang single seater Rp45 juta, tapi kalau yang double seater Rp50 juta," tuturnya.

Mengenai warna, konsumen bebas memilih sesuai keinginan masing-masing. "mau di cat loreng juga bisa," tutupnya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini