Share

Mercedes-Benz Batik Jatuh ke Tangan Piyu 'Padi'

Prasetyo Adhi, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2010 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2010 02 18 52 304866 7d8HCLlUTw.jpg (foto: prasetyo/okezone.com)

JAKARTA- Setelah beberapa waktu lalu dilelang untuk umum, akhirnya Mercedes-Benz C250 CGI yang dicat dengan motif batik rancangan Carmanita, berhasil terjual seharga Rp1 miliar. Dan pembelinya adalah Piyu ’Padi’.

Penyerahan Mercedes-Benz batik satu-satunya di dunia ini kepada Piyu dilakukan di Kantor Pusat PT Mercedes-Benz Indonesia (MBI) di Jakarta, Rabu malam (17/2/2010).

"Piyu berhasil membawa pulang Mercedes-Benz C250 CGI batik ini setelah menawar sebesar Rp1 miliar dari 12 orang penawar lainnya," ujar Deputy Director Marketing MBI Yuniadi Hartono.

Dia menyebutkan harga asli dari sedan Jerman ini sebenarnya adalah Rp669 juta of the road Jakarta. "Kemudian yang kita pilih untuk dilukis batik adalah yang warna putih, lantas warna itu dirontokkan lagi baru di cat ulang dengan motif batik menggunakan teknik airbrush. Waktu pengerjaannya kira-kira dua minggu," kata dia.

Dia mengungkapkan, selisih dari harga asli mobil tersebut hingga kemudian ditawar Piyu dengan harga Rp1 miliar, akan disumbangkan kepada beberapa yayasan sosial yang ada di DKI Jakarta. "Kita belum putuskan yayasan mana saja yang akan kita beri sumbangan, nantinya akan kita data dulu dengan bantuan dinas provinsi DKI Jakarta," paparnya.

Sementara itu Piyu mengaku sangat senang bisa mejadi satu-satunya orang yang berhasil memiliki Mercedes-Benz yang kini ber pelat nomor 'P 1 YU' itu. "Bagi saya ini peristiwa yang sangat langka karena di dunia tidak ada mobil seperti ini," katanya antusias.

Piyu mengaku sedan maha karya tersebut merupakan sebuah bentuk apresiasi tinggi terhadp seni dan kebudayaan Indonesia. "Mercedes-Benz ini bentuk apresiasi seni, Carmanita yang merancang pun punya apresiasi seni yang tinggi, begitu pula saya yang sangat menjunjung tinggi seni, Jadi saya pikir mobil ini bisa jadi suatu alat untuk lebih memperkenalkan batik kepada khalayak luas," katanya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini