Daihatsu Terios Makin Irit BBM

Edo Permanadhita, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2010 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 06 52 379679 6GR8UgTlKf.jpg Foto: ADM

BOGOR- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah meluncurkan secara resmi The New Terios di Brigade 3234 Gunung Putri Bogor, dalam acara launching yang di kemas dengan atmosfir adventure.

Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2007, Daihatsu Terios semakin diminati oleh para konsumen. Atas dasar semakin tingginya persaingan di pasar SUV membuatĀ  ADM me-refresh produk Terios.

Kini Daihatsu Terios hadir dengan konsumsi bahan bakar yang lebih irit. "Berdasarkan hasil fuel consumption test yang telah dilakukan internal, the new Daihatsu Terios menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit 6 persen dibandingkan versi sebelumnya," ujar Marketing Director ADM Amelia Tjandra.

Daihatsu mengklain, Terios terbaru saat ini mampu mengkonsumsi bahan sebanyak 1 liter untuk menempuh jarak 11,7 km, dengan kondisi perjalanan sehari-hari, berisi 4 penumpang dan pendingin udara atau AC menyala.

Konsumsi bahan bakar yang lebih irit ini, dapat terwujud karena saat ini Terios menggunakan beberapa komponen yang di perbarui. Seperti peranti Elektronik Power Steering, berbeda dengan versi terdahulu yang menggunakan hidraulik.

"Bila menggunakan versi hidraulik, putaran roda kemudi mengandalkan tenaga dari putaran mesin sehingga lebih banyak membutuhkan bahan bakar, terutama pada saat memutar kemudi dalam kondisi parkir," ujar CEO PT. AI-DSO Tbk Suparno Djasmin.

Suparno melanjutkan, "Dengan menggunakan peranti elektrik power steering, tenaga untuk roda kemudi kini dihasilkan oleh arus langsung dari aki. Sehingga tidak membebani putaran mesin."

Namun penggunaan EPS bukan satu-satunya peranti yang mampu meningkatkan ekonomi bahan bakar. Karena ada beberapa komponen seperti kompresor AC dengan ukuran lebih kecil, termostart yang tidak cepat on, serta ban yang tekanan anginnya sudah dinaikkan agar rolling resistancenya rendah.

Terios Kini dijual dengan harga antara RP 155 juta sampai RP 194 juta on the road. Harga ini naik sekitar RP 2,5 juta dibanding versi lama.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini