nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Melegenda Berkat Desain Pintu yang Unik

Koran SI, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2010 15:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2010 10 07 52 380096 KOIIslU8w4.jpg Mercedes-Benz 300 SL (Ist)

PARIS- Ada banyak mobil semakin legendaris berkat model pintu mobil yang mereka miliki. Tidak heran jika saat ini banyak mobil yang dipamerkan di Paris International Motor Show 2010 memiliki pintu yang unik.

 

Tahun 1954, Mercedes-Benz memperkenalkan Mercedes-Benz 300 SL. Mobil ini menjadi terkenal berkat kemampuannya yang luar biasa. Namun bukan hanya itu, mobil ini legendaris karena pintunya yang bisa dibuka ke atas seperti sayap merpati (gullwing).

 

Jika Mercedes-Benz 300 SL terkenal berkat pintu sayap merpati, maka Rolls-Royce justru dikenal berkat pintunya yang khas, suicide door.

 

Dinamakan suicide karena pintu ini sering terbuka sedikit karena angin kencang. Selain itu para gangster memilih mobil dengan suicide door karena dapat dengan mudah mendorong seseorang dari mobil yang mereka tumpangi.

 

Beberapa mobil yang terkenal berkat pintu ini adalah Lamborghini Murciellago dan Land Rover Range Stormer. Ada lagi pintu mobil yang menarik, namanya butterfly door atau pintu kupu-kupu.

 

Pintu ini tidak jauh berbeda dengan scissor door. Bedanya, jika scissor door diangkat ke atas, maka butterfly door diangkat keluar. Pintu mobil ini semakin populer setelah digunakan pada McLaren F1.

 

Nah,beberapa bentuk pintu ini dapat disaksikan di ajang Paris International Motor Show 2010. Beberapa mobil konsep dan passenger carmasih memakai pintu-pintu tersebut. Tujuannya, selain menarik perhatian, juga berusaha untuk menjadi legendaris seperti mobilmobil sebelumnya.

 

Di ajang Paris International Motor Show,mobil yang menggunakan scissor door yakni Citroen Survolt dan KIA Pop.Mobil Prancis ini tampil semakin eksotis berkat model pintunya yang luar biasa.

 

Rekan senegara Citroen, Renault, justru memilih aliran lain. Mobil konsep Renault DeZir tampil percaya diri dengan pintu mobil kupu-kupu. DeZir merupakan mobil istimewa karena mengadopsi teknologi KERS (kinetic energy recovery system), yang dipakai di dunia F1.

 

Hal yang sama dilakukan oleh KIA Pop.Sebagai mobil konsep berbentuk mini, pilihan pintu kupukupu adalah langkah cerdas. Mobil ini jadi semakin terasa lapang saat pintunya dibuka ke atas. Sementara, suicide door diwakili oleh Nissan Townpod.

 

Pintu tersebut dimodifikasi dengan pengaplikasian depan-belakang terbuka lebar.Jadi,dari sisi keamanan dapat terjamin dengan baik.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini