Ferrari Luncurkan 5 Unit Mobil Oakley Edition

Edo Permanadhita, Jurnalis · Sabtu 30 Oktober 2010 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2010 10 30 52 388102 hbYIaEovXl.jpg Ferrari 458 (foto:Autoevolution)

ITALIA- Ferrari dikabarkan akan membuat kendaraan edisi terbatas dari model 458 Italia, yang dibuat oleh tim Oakley Design.

Perusahaan asal Italia tersebut mengatakan, salah satu model produksi pertama mobil edisi khusus itu akan melakukan debut di acara SEMA Auto Show yang akan dilaksanakan pekan depan.

Super car dua pintu tersebut akan dilengkapi secara eksklusif dengan pelek forget HRE P40S Monoblok Custom.

Dengan menggunakan pelek keluaran HRE, daya cengkeram roda ke aspal menjadi lebih baik karena bidang yang menapak ke aspal lebih lebar. Namun pelek tersebut masih lebih ringan dibanding dengan roda standar.

Mobil ini juga telah mengalami penurunan bobot, sehingga akan meningkatkan handling, pengereman, dan akselerasi.

Untuk sektor sumber tenaga, 458 edisi Oakley telah dilengkapi dengan sebuah ECU yang disetel ulang, sehingga dapat meningkatkan tenaga yang dikeluarkan dari 570 hp sampai 627 hp, sedangkan torsi juga meningkat dari 540 Nm menjadi 567 Nm.

Dengan bobot yang turun sebesar 65 kilo, akselerasi yang dibuat mobil tersebut menjadi lebih cepat. Dari 0 hingga kecepatan 100 km/h, waktu yang dibutuhkan turun dari 3,4 detik menjadi sekitar 3,0 detik. Sementara kecepatan tertinggi dapat diraih hingga 330 km/h.

Aerodinamika mobil juga ditingkatkan dengan penggunaan spoiler depan yang ditambah down forde hingga 45kg pada ujung depan, dan mampu menahan hingga kecepatan 241 km/jam. Spoiler belakang baru dengan flap Gurney juga menambahkan downforce sebesar 25 kg.

Selain itu, aliran udara ditingkatkan dengan penggunaan ventilasi radiator di bagian tengah, dan exhaust radiator di sebelah lampu. Side sills kini lebih stylish dan bagian belakang serta diffuser pada bagian bawah bodi mobil baru.

Ferrari hanya akan memproduksi mobil ini secara terbatas, yakni hanya 5 mobil. Namun buat yang tidak kebagian, Ferrari juga tetap akan membuat perangkat aksesoris edisi Oakley yang dijual terpisah.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini