Share

Pengemudi Kerap Tertidur Saat Nyetir

Edo Permanadhita, Jurnalis · Kamis 11 November 2010 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2010 11 11 52 392134 SF1MW5QZAc.jpg Ilustrasi (Ist)

WASHINGTON- Bagi Anda yang suka mengantuk saat mengemudi, sebaiknya harus lebih berhati-hati dan tidak memaksa terus melajukan mobil.

Pasalnya dalam sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan oleh AAA Foundation yang berkerja untuk keselamatan lalu lintas, didapat hasil yang cukup mengejutkan.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa 41 persen pengemudi mengaku telah tertidur secara tidak sengaja saat berada di belakang kemudi.

Menurut para peneliti, hasil studi tersebut juga menunjukkan bahwa mengemudikan mobil dengan kondisi mengantuk merupakan faktor penyebab terbesar dalam sebuah kecelakaan, jauh dari perkiraan sebelumnya.

Hasil studi ini juga mengungkapkan bahwa mengantuk dalam kondisi mengemudi, merupakan salah satu penyebab sekitar 17 persen dari seluruh sumber kecelakaan yang terjadi. Demikian dilansir dari Insideline, Kamis (11/11/2010).

Hal itu menjadikan mengantuk sebagai faktor risiko terbesar untuk risiko kematian selain mengebut, mengemudi dalam keadaan mabuk dan gangguan lain saat mengemudi.

Hasil studi tersebut didasarkan pada survei telepon terhadap sekitar 2.000 warga AS. Lebih dari satu dari empat orang dewasa mengaku telah mengemudi ketika mereka mengantuk dan sulit menjaga kondisi mata dalam keadaan terbuka dalam sebulan terakhir.

Dalam laporan itu juga disebutkan bahwa driver dengan usia 16-24 tahun adalah yang paling rawan untuk tertidur di belakang kemudi dalam satu tahun terakhir.

Pemerintah federal sendiri telah mengatisipasi hal tersebut bersama Departemen Perhubungan AS telah mengadakan dua kali pertemuan untuk membahas masalah ini dalam dua tahun terakhir. Namun belum ditemukan cara yang yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Memang, tak ada yang bisa dilakukan saat mengantuk, selain menepikan mobil ditempat aman dan memejamkan mata sejenak.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini