E-Scooter, Scooter Listrik Unik Buatan Volkswagen

Gustia Martha Putri, Jurnalis · Senin 25 April 2011 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2011 04 25 53 449656 EWLvXB6o3x.jpg (foto: IST)

SHANGHAI - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen, sukses mengejutkan para pengunjung Shanghai Motor Show beberapa waktu lalu ketika VW memamerkan sebuah skuter elektrik. Kendaraan roda dua tersebut dinamakan, E-Scooter.

 

Peluncuran motor skuter elektrik ini seakan ingin menunjukkan niat VW memasuki pasar sepeda motor.

 

E-scooter ini hanya berbobot 20 kg apabila tanpa baterai yang berdaya motor 350 watt. Meski ringan E-Scooter ini dapat menempuh jarak 40 km dalam kondisi baterai terisi penuh, dengan kecepatan maksimum 48kilometer/jam (30 mph).

Menariknya, skuter ini menggunakan baterai nikel-metal-hydride yang sangat kecil dan ringan sehingga dapat dicopot dan di-recharge di rumah.

 

Simon Loasby, Direktur Desain VW untuk China, menjelaskan bahwa jarak tempuh skuter ini dapat dengan mudahdiperpanjang menggunakan baterai ion lithium.

 

Solusinya adalah dengan mengganti baterai ganti dengan motor yang berkapasitas 700watt. Fitur lain dapatditambahkan ke skuter ini adalah seperti sistem pengeraman regeneratif, yang dapat mengisi arus ke baterai saat dilakukan pengereman.

 

“Ide kami adalah untuk datang dengan solusi untuk mobilitas dengan harga terjangkau di kota-kota besar sepertiShanghai, dan memberikan kesempatan bagi orang-orang yang belum pernah memiliki mobil produksi VW dengan menjajal kualitas VW di jalan dengan skuter ini,” ujar Loasby.

 

“E-Scooter ini memang tidak dipasangkan logo VW, tapi dapat dikenali sebagai produk VW dari bentuk frame dankualitasnya,” imbuh Loasby.

Untuk harga, skuter elektrik ini dibanderol seharga USD500 atau sekira Rp. 4,3 juta untuk versi yang paling standar. VW pun menyediakan versi premium yang sudah dilengkapi fitur tambahan seperti lampu LED, plastic glossy, kulit kursi yang cantik, dan sebuah komputer jinjing yang canggih, dengan harga banderol USD1000 atau sekira Rp8,6 juta.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini