AHO alias Automatic Headlight On

Septian Pamungkas, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2011 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2011 08 04 424 488156 06mcymNIBx.jpg F: Automatic Headlight On (aliexpress)

JAKARTA - Beberapa tahun belakangan ini, masyarakat pengguna kendaran roda dua maupun roda empat kerap kali mendengar istilah fitur AHO. Apa sih AHO? AHO adalah kependekan dari Automatic Headlight On. Artinya jika mesin motor dihidupkan maka secara bersamaan lampu utama akan ikut menyala.

 

Penerapan perangkat motor ini untuk mendukung program safety riding itu sesuai dengan pasal 107 ayat 2, Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 107 dimana menyebutkan pengendara diwajibkan menyalakan lampu pada siang hari.

 

Beberapa model yang kini telah beredar dipasar nasional telah mengadopsi fitur ini sebut saja Honda Spacy, Blade, Yamaha Xeon, V-Ixion, Vega ZR dan Jupiter Z, Suzuki Hayate dan Axelo.

 

Dengan pemakaian fitur ini diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalulintas. Untuk diketahui, sebuah fakta mencengangkan dikabarkan Dinas Perhubungan Indonesia dimana kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian nomer tiga di Indonesia setelah serangan jantung dan stroke. Pada 2009, sepeda motor memberikan kontribusi sebesar 55.6 persen dari angka kendaraan yang terlibat kecelakaan.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini