Share

Akselerasi Motor Ini 0-100 Km/Jam Tembus 0,7 Detik!

Azwar Ferdian, Okezone · Senin 06 Februari 2012 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 06 53 570042 15TWVqH2ms.jpg F: Gulf Top Fuel Drag Bike (motorbeam)

NEW DELHI – Bila ada penyematan sepeda motor tercepat di kolong jagat, sepeda motor ini pantas mendapatkannya. Adalah Gulf Top Fuel Drag Bike, atau Gulf Dragster yang mencatatkan rekor akselerasi tercepat untuk sebuah sepeda motor.

Dragster ini memproduksi daya 1500 tenaga kuda yang hadir dari mesin 1.585cc. Mesin ini masih dipadukan dengan HPS 2.1 RC supercharger yang mampu mendongkrak tenaga.

Sepeda motor super ini tidak menggunakan bensin biasa, tapi menggunakan pencampuran 85 persen nitromethane dan 15 persen methanol. Bahan bakar dikiriman melalui sistem injeksi dengan konsumsi bahan bakar sangat boros yakni 57 liter per mil.

Dengan spesifikasi tidak normal tersebut, dragster ini mampu berakselerasi dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam 0,7 detik dan meraih kecepatan maksimal 400 km/jam hanya dalam enam detik.

Angka maksimal tersebut membuat performa dan komponen mesin benar-benar berkerja berat. Perbandingannya, satu busi hanya bisa dipakai dalam jarak 402 meter.

Pengiriman tenaga mesin melalui kopling yang dirancang khusus dan kemudian ke gearbox kedua sebelum disalurkan ke roda. Garpu depan menggunakan milik Suzuki GSX-R 1000 dan posisi sangat rendah, Bagian depan stang berjarak cukup jauh dari tempat duduk.

Dudukan kaki belakang diposisikan hampir di ujung sepeda motor. Meskipun motor ini tidak terlihat praktis dalam penggunaannya, setidaknya ada prestasi yang diukir sebagai kendaraan darat tercepat.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini