Chery Tak Minder Bersaing dengan Mobil Jepang

Aditya Maulana, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2012 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2012 02 23 52 581218 5spUzzdr7P.jpg F: Chery Eastar (Aditya M/Okezone)

JAKARTA – Persaingan industri otomotif baik secara global maupun nasional sedang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Di pasar otomotif global, China merupakan negara yang memiliki pangsa pasar serta pertumbuhan otomotif yang sangat baik, banyak produsen mobil dari luar China yang melakukan ekspansi di negeri Tirai Bambu tersebut.

 

Menggeliatnya industri otomotif belakangan ini mendorong para produsen mobil untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk terbarunya. Salah satunya, pabrikan mobil asal China, Chery yang terus melakukan perluasan jaringan di Indonesia dengan memiliki delapan mobil baru yang akan diluncurkan selama 2012 ini.

 

Menanggapi persaingan industri otomotif yang begitu ketat, terutama di Indonesia yang dikuasai oleh produsen mobil asal Jepang, seperti Toyota, Honda, Daihatsu serta Nissan dan beberapa produsen mobil asal Korea seperti Kia dan Hyundai. Chery sebagai produsen mobil asal negeri Tirai Bambu tetap optimis dapat bersaing di Indonesia.

 

“Walaupun pasar otomotif di Indonesia didominasi oleh produsen mobil asal Jepang dan Korea Selatan, kami tetap optimis akan dapat bersaing dengan mereka. Kami memiliki cara dan starategi tersendiri dalam memasarkan produk,” beber President Director PT Chery Mobil Indonesia, Hosea Sanjaya, dalam acara peluncuran tiga varian terbarunya di Jakarta, Kamis (23/22012).

 

Menurut Hosea, meskipun produk China di Indonesia belum mendapatkan perhatian atau berhasil meraih pangsa pasar di Indonesia, lambat laun masyarakat Indonesia juga akan terbiasa dan dapat menerima produk buatan China.

 

Lebih lanjut, Hosea Menjelaskan, untuk dapat bersaing dengan produsen mobil asal Jepang dan Korea Selatan, Chery Indonesia juga memiliki cara tersendiri, diantaranya, memperkenalkan mobil terbarunya dengan harga yang cukup terjangkau dengan kualitas yang tinggi, dan akan terus melakukan ekspansi di Indonesia.

 

“Kami juga memiliki rencana yang cukup matang di 2012 ini. Rencananya kami akan membuka 12 dealer dengan failistas 3S, yakni Sales, Servis dan Spere Part lagi di beberapa wilayah yang berada di Indonesia,” jelas Hosea.

 

Hosea menambahkan, untuk menambah dealer di beberapa wilayah di Indonesia, Chery Indonesia telah menyiapkan investasi dana untuk setiap dealer yang akan dibangun. Rencananya, satu dealer yang akan dibangun telah disiapkan dana Rp2 hingga Rp5 miliar, dana tersebut hanya untuk membuka dealer belum termasuk pembelian tanah dan bangunan.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini