Share

Tiru Desain, Yamaha Gugat Perusahan Asal Jepang

Aditya Maulana, Jurnalis · Senin 09 April 2012 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2012 04 09 53 607975 lNCKQ5GPL1.jpg F : Yamaha Gear BX50 (Motorcycle)

TOKYO – Yamaha mengajukan gugatan terhadap dua perusahan asal Jepang yang diklaim telah meniru desain skuter, Yamaha Gear BX50. Gugatan tersebut terpaksa dilakukan Yamaha, karena kedua perusahan tersebut telah meniru desain skuternya.

 

Sepasang Perusahaan asal Jepang yang digugat Yamaha atas peniruan desain, yakni Perusahaan Eco Trade Co. dan Taiseienter Co. Kedua perusahaan tersebut telah meniru desain skuter Gear BX50 untuk digunakan pada skuter listrik produksi kedua perusahaan itu.

 

Sementara itu, Yamaha Gear BX50 ini merupakan skuter dengan empat-tak berkapasitas mesin 50 cc yang telah di pasarkan di Jepang pada 2007 lalu dan penjualannya telah mencapai 39.917 unit hingga Desember 2011 lalu. Demikian dilansir Motorcycle, Senin (9/4/2012).

 

Lebih lanjut, di Jepang itu sendiri, Gear BX50 ini digunakan untuk membantu usaha kecil seperti distributor Koran. Jika dilihat secara teknis, kedua motor tersebut jelas berbeda, namun jika dilihat dengan visual banyak kemiripan yang terjadi. Motor imitasi tersebut juga sama-sama digunakan untuk membantu usaha kecil di Jepang.

 

Akibatnya, Yamaha menilai telah terjadi persaingan yang tidak sehat dan Yamaha meminta kompensasi atas tindakan tersebut.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini