Mobil Dilarang Pakai Kaca Film di India

Azwar Ferdian, Jurnalis · Jum'at 11 Mei 2012 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 11 52 627738 EgLLUNom5K.jpg F: kaca film (motorbeam)

NEW DELHI – Penggunaan kaca film umumnya lazim dipakai sebuah kendaraan roda empat, terlebih di negara tropis dimana matahari bersinar sepanjang hari seperti India. Namun, pemerintah India baru saja menerbitkan pelarangan penggunaan kaca film untuk sebuah mobil.

Peraturan pelarangan kaca film ini dikeluarkan oleh Mahkamah Agung India. Kaca film yang diizinkan hanya kaca bawaan pabrik (OEM). MA India melarang semua jenis pemasangan kaca film yang bukan bawaan dari pabrik.

Bila pemilik mobil di India yang sudah memasang kaca film pada kendaraan roda empatnya, mereka harus melepasnya atau akan terkenda denda.

"Kami melarang penggunaan kaca film hitam pada kendaraan roda empat di semua sisi jendela. Peraturan ini berlaku di seluruh India. Masyarakat tidak diizinkan memasang kaca film dan bila kedapatan menggunakannya akan terkena denda,” jelas MA India seperti dikutip motorbeam, Jumat (11/5/2012).

Pemerintah India mengeluarkan peraturan ini untuk menekan angka kejahatan. Namun, beberapa pihak menyayangkan peraturan tersebut karena bisa mengundang kejahatan bagi pengendara wanita.

Industri kaca film mobil di India juga dipastikan akan mengalami penurunan signifikan dengan adanya peraturan ini. Mobil yang diizinkan menggunakan kaca film hanya mobil pejabat negara dan pihak kepolisian.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini