Dampak Kenaikan DP Terasa Tiga Bulan Lagi

Aditya Maulana, Jurnalis · Rabu 04 Juli 2012 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 04 52 658756 ciFFL4plE1.jpg F: Nissan Evalia di PRJ 2012 (Aditya M/Okezone)

JAKARTA – Menutup semester pertama 2012, beberapa Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil menorehkan hasil yang baik. Kenaikan penjualan didapat dengan signifikan, walaupun sudah berlaku minimal DP (down payment) 30 persen.

 

Pengamat automotif Suhari Sargo menilai, dari tanggal ditentukannya kenaikan DP minimum 30 persen hingga akhir Juni jaraknya masih terbilang dini untuk berbicara soal dampak kenaikan penjualan terhadap DP. Menurutnya, dua hingga tiga bulan ke depan pengaruhnya akan terasa.

 

“Dua sampai tiga bulan lagi saya rasa pengaruhnya akan besar. Tapi semuanya bisa dilihat dari perekonomian di Indonesia sendiri. Jika ekonomi terus berkembang pesat, maka penjualan mobil pun akan terus meningkat,” katanya saat berbincang dengan Okezone, Rabu (4/7/2012).

 

Suhari menambahkan, selain belum ada pengaruh dari DP, kenaikan penjualan mobil baru secara nasional juga terjadi akibat siklus naiknya jual beli yang memang sering terjadi setiap pertengahan tahun.

 

“Biasanya memang seperti itu, di awal menurun, pertengahan cenderung naik dan turun kembali di akhir tahun,” tutur Suhari.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Vice Presiden Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Teddy Irawan. Menurutnya, pengaruh kenaikan DP di Juni lalu belum terasa dan kemungkinan baru akan terjadi beberapa bulan ke depan.

 

“Kalau dilihat secara teori pengaruh kenaikan DP ini pasti ada pengaruhnya meski belum signifikan. Tapi semuanya bisa dilihat dari berbagai sudut pandang, karena kebanyakan saat ini konsumen yang membeli mobil itu untuk kebutuhan,” beber Teddy.

 

“Untuk di Nissan, kenaikan DP itu pasti ada pengaruhnya, tapi sekarang belum signifikan. Saya berharap semoga ke depannya terus seperti ini,” terangnya lagi saat dihubungi Okezone.

 

Teddy m,enjelaskan, kenaikan penjualan di Nissan ini didukung oleh produk terbaru Nissan yang baru diluncurkan Juni lalu, yakni Evalia yang berhasil menembus angka pemesanan mencapai 3.500 unit.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini