Share

IIMS Sukses, ATPM Masih Punya PR

Azwar Ferdian, Okezone · Senin 01 Oktober 2012 12:45 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 01 52 697386 QWl5yoetBN.jpg F: Daihatsu Terios di IIMS 2012 (Azwar F/Okezone)

JAKARTA – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 mendulang kesuksesan dengan mencatat transaksi yang mencapai angka Rp4,4 triliun, dengan penjualan lebih dari 11.500 unit kendaraan.
 

Namun, pabrikan automotif Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah agar tingkat kepuasan konsumen juga bisa terangkat. Lembaga survey JD Power Asia Pasifik masih mencatat bahwa waktu pengiriman kendaraan masih menjadi keluhan konsumen.

 

“Meskipun terdapat peningkatan kepuasan dalam hal proses penjualan, namun pembeli kendaraan baru di Indonesia masih kecewa dengan lebih lambatnya waktu pengiriman kendaran,” tulis JD Power dalam siaran persnya mengenai Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI).

 

Ada tujuh faktor utama yang menentukan kepuasan konsumen. Ini berkaitan dengan pengalaman membeli kendaraan baru yang meliputi proses pengiriman, saat pengiriman, kesepakatan yang diperoleh, fasilitas dealer, tenaga pemasaran, penanganan dokumen dan proses awal penjualan

 

Daihatsu menempati peringkat teratas dalam hal kepuasan pelanggan secara keseluruhan dengan skor 780. Kinerja Daihatsu dianggap sangat baik pada tujuh faktor utama. Honda menempati peringkat kedua dengan skor 776.

 

Pada 2012 ini, nilai rata-rata kepuasan penjualan mencapai 773. Angka ini naik satu poin dibandingkan 2011 lalu yang hanya 772 poin. Menurut hasil studi, di 2012, waktu pengiriman kendaraan baru bertambah dua hari lebih lama menjadi rata-rata 11 hari.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini