nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sttt.. Desainer Ayla Pernah Tak Naik Kelas

Septian Pamungkas, Jurnalis · Selasa 06 November 2012 09:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 11 06 52 714167 BcFUkRkNKR.jpg F: Mark Widjaja (Azwar F/Okezone)

JAKARTA - Muda, bertalenta dan berprestasi. Mungkin itu adalah sepenggal gambaran dari Mark Yoshua Widjaja, Senior Styling Designer R&D Astra Daihatsu Motor (ADM). Sederet prestasi dibidang desain telah ia raih di usia muda.

Mengawali karir pada 2003 silam bersama Daihatsu, Mark -begitu dia disapaan- kini menjelma menjadi salah satu desainer asal Indonesia yang patut diperhitungkan. Namanya begitu menggema dan karirnya begitu mengkilap dikancah international khususnya Daihatsu Jepang.

Lalu siapa aktor dibalik kesuksesan yang telah mengantarkannya sebagai desainer handal? Jawabannya adalah kedua orangtuanya. Mark mengaku bakat menggambar dan kecintaannya di dunia automotif berasal dari sang ayah.

"Saya suka menggambar sejak umur 5 tahun, mungkin nurun dari papa. waktu itu papa sebagai pemilik karoseri sekaligus mendesain sendiri. Saya tiap hari itu melihat, sampai caranya pun saya pakai," ujar pria kelahiran Surabaya 26 Juli 1977 itu.

"Selain diajarkan, saya juga dibina oleh papa. Beliau berpesan kalau buat mobil itu yang paling susah rodanya. Jangan sampai lingkarannya itu jelek karena bisa merusak semuanya. Dan itu menjadi keterbatasan buat saya. Jadi selama itu saya tidak berani buat ban, saat papa pulang kerja baru dia buatkan roda-rodanya. Sampai akhirnya, saya tidak punya minat yang lain, selain mobil kayaknya susah banget," urainya

Kebersamaan dengan sang ayah tidak berlangsung lama. Dirinya ditinggal oleh sang inspirator untuk selama-lamanya saat duduk di kelas dua bangku sekolah dasar.

"Beruntung setelah papa meninggal, mama yang melanjutkan passion saya. Hebatnya mama bisa paksa dirinya untuk dukung passion saya walaupun ia tidak suka dunia automotif maupun menggambar," ujar pria berkacamata tersebut.

Menggambar mobil menjadi aktifitas yang terus dilakoninya setiap hari. Bahkan hobinya ini sempat mengganggu aktifitas belajar mengajar disekolah. Hasilnya, penyuka musik Jazz ini tinggal kelas selama dua tahun.

"Pernah sampai tinggal kelas. Waktu itu kelas dua dan kelas empat saya tidak naik kelas, karena tidak mau belajar. Kerjaannya hanya menggambar saja," kata Mark sambil tertawa.

"Mama sampai stres, sampai-sampai saya dibawa ke psikolog. Dia bilang gini, kamu mau jadi desainer? Kalau kamu tidak lulus sekolah maka tidak bisa jadi desainer. Dan itu yang membuat saya terpacu." tutupnya.

Data Pribadi

Nama: Mark Yoshua Widjaja

Tempat/ Tanggal Lahir : Surabaya/ 26 Juli 1977

Jenis Kelamin: Laki-laki

Kewarganegaraan: Indonesia

Latar Belakang Pendidikan

1994-1997 SMU Kr. Petra 5 Surabaya

1998-2003 ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Jurusan Desain Produk Industri S1 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan

Kemampuan

Desain: Manual Sketch Rendering (manual/digital)

Bahasa: Indonesia (mother tongue), Inggris, Jepang

Pengalaman dalam industri desain

2007-2008 Assist Perodua styling designer - Training

2011 Daihatsu Design Workshop (ITS Surabaya), Design Seminar (Graha ITS Surabaya)

Portfolio

2003: Daihatsu Zebra (Fascia Improvement) Grill Garnish dan beberapa pengembangan interior

2007: Daihatsu Xenia Crossover Concept Study, Crossover bodykits (Shanghai Motor Show)

2008: Daihatsu Be-Go/ Toyota Rush (JDM: Japan Domestic Market) Grill, Bumper depan, Bumper belakang. Toyota bB ‘Regular’ (JDM) Bumper depan. Toyota bB ‘Aero’ (JDM), Grill, Alloy Wheel Design

2009: Daihatsu Terios/ Toyota Rush Bumper depan, Bumper Belakang IDM (Indonesia Domestic Market)

2010: Daihatsu Move Custom Front End design

2011: Toyota Avanza Veloz

2011: Daihatsu A-Concept (IIMS award: Best of the best) (Exterior, Interior, detail parts (lampu2, pelek, color coordination, a-concept custom font)

Daihatsu Luxio Premium Concept Study (IIMS award: Best Low MPV), (Exterior/Interior Enhancements)

2012: Daihatsu Luxio Quartett, Astra Daihatsu/Toyota Ayla/Agya

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini