Share

ElektrikCar: Tucuxi Memang Tanpa Gearbox

Azwar Ferdian, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2013 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 12 52 745355 R3XKOAtZwu.jpg F: Tucuxi saat diuji Dahlan di Senayan(Okezone)

JAKARTA- Saat memberikan penjelasan kepada wartawan, Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyatakan sulit melakukan pengereman Tucuxi, karena tidak menggunakan gerabox. Ini jawaban tim ElektrikCar terkait gearbox.
 

Dalam siaran persnya dijelaskan, Tucuxi memang mobil listrik yang didesain tanpa menggunakan gearbox. Tucuxi dirancang menggunakan single speed reduction gear atau satu gigi penurun kecepatan," jelas Danet Suryatama.

 

Transmisi satu gigi ini digunakan karena motor listrik (AC atau DC) punya range yang lebar pada putaran motornya (wide range RPM). Tucuxi juga memiliki efisiensi tinggi pada motor serta mampyu memperoleh torsi maksimum pada saat awal kendaraan melaju.

 

Penggunaan single speed reduction gear pada kendaraan listrik juga dipakai banyak kendaraan listrik dunia seperti, tesla Roadster, Ariel Atom Wrightspeed X1, Ford Focus Electric, Mitsubishi I-MiEV, Nissan Leaf dan masih banyak lagi.

 

Dahlan Iskan sempat mengeluhkan sulit melakukan pengereman Tucuxi yang tidak menggunakan gearbox. Hingga pada sesaat sebelum kecelakaan, rem Tucuxi selalu dipaksa bekerja keras.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini