Nyetir Tucuxi Harus Latihan

Azwar Ferdian, Jurnalis · Minggu 13 Januari 2013 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2013 01 12 52 745358 5TiqlJ3ycu.jpg F: Tucuxi saat tiba di Solo (Bramantyo/Okezone)

JAKARTA - Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan dirinya sesaat sebelum kecelakaan harus terus menginjak rem mobil listrik Tucuxi.

Tindakan Dahlan Iskan ini tidak dibenarkan tim ElektrikCar yang menciptakan Tucuxi. karena akibatnya bisa fatal, dimana rem akan kehilangan daya cengkeram.

 

"Setiap orang yang akan menggunakan mobil listrik, harus menjalani latihan yang cukup untuk mengoperasikan kendaraan listrik di semua medan jalan," tulis Danet Suryatama dalam siaran persnya.

 

Dilanjutkannya, meski Tucuxi sudah dilengkapi dengan modul rem performa tinggi di depan dan belakang yang kompeten dari Wildwood Engineering, Amerika Serikat, melakukan pengereman hanya rem kaki dan menginjaknya terus menerus adalah tindakan yang fatal.

 

"Hasilnya rem akan terbakar dan kehilangan daya cengkeram (brake fading). Ini akan dialami oleh kendaraan lain bila melakukan pengereman secara terus menerus," lanjut Danet.

 

Danet menambahkan, seharusnya pengereman mesin dilakukan dengan mengikutkan penggunaan rem kaki dan tangan secara proporsional.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini