Share

Ambil Pelajaran Tucuxi, Hevina Pakai Gearbox

Arief Aszhari, Jurnalis · Senin 15 April 2013 12:37 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 15 52 791590 mvZcbPtZhk.jpg F: Kunjungan Menristek Gusti Muhammad Hatta ke LIPI (dok LIPI)

JAKARTA- Kecelakaan yang dialami Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan, saat melakukan pengujian mobil listrikTucuxi, menjadi pelajaran penting bagi pihak lain dalam mengembangkan sebuah mobil listrik.
 

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) saat ini memang sedang menyiapkan sebuah mobil listrik yang diberi nama Hevina.

 

Nantinya, mobil dengan jenis sedan listrik ini akan dilengkapi dengan sebuah gearbox manual.

 

"Mobil listrik Hevina ini akan kami lengkapi dengan gearbox manual. Kita pakai transmisi yang sudah biasa dipakai di mobil yang beredar di Indonesia," ungkap Abdul Hapid, Koordinator Penelitian LIPI saat dihubungi Okezone, Senin (15/4/2013).

 

Sayang Abdul Hafid belum mau memberikan secara rinci gearbox yang akan dipakai di mobil listrik milik Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta ini. Dia hanya menjelaskan kemungkinan yang dipakai adalah gearbox manual lima percepatan.

Rencananya prototipe mobil listrik Sedan, Hevina, akan mulai diperkenalkan bulan depan. Untuk pengerjaan bodi Hevina ini, LIPI menggandeng rumah produksi asal Bandung, Signal Kustom.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini