Share

Sedan Listrik Menristek Rilis 20 Mei 2013

Febri Ardani, Jurnalis · Senin 29 April 2013 15:54 WIB
https: img.okezone.com content 2013 04 29 52 799362 TP6iRIosXG.jpg F: Mobil listrik Hevina (dok Signal Kustom)

JAKARTA- Kemajuan sebuah bangsa selalu diikuti dari perkembangan yang terjadi pada anak bangsa. Tren yang ada di dunia automotif di dunia sekarang ini masih seputar mobil ramah lingkungan dengan nol emisi.
 

Sejalan dengan tren tersebut, Indonesia juga tidak mau kalah dengan negara-negara lain. Indonesia ingin juga ikutan membuat prototipe mobil tanpa menggunakan tenaga pembakaran internal, berwujud mobil listrik.

 

Sebelumnya Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan telah menghadirkan Tucuxi. Kini giliran Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, ikut mengembangkan sebuah mobil bertenaga listrik.

 

Sempat dikabarkan Okezone pada pada pertengahan bulan April ini, Menristek bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membangun sebuah sedan listrik yang diberi nama Hevina.

 

Kabar terakhirnya adalah sedan Hevina telah masuk tahap finishing terakhir, tahapan ini diselesaikan di rumah modifikasi Signal Kustom, Bandung, Jawa Barat.

 

Kini kabar terbaru telah datang, sebuah foto memperlihatkan sebagian wajah depan sedan Hevina. Terlihat bentuk bentuk gril yang sederhana, tentu saja sebuah mobil listrik tidak membutuhkan aliran udara besar seperti model radiator pada mesin konvensional.

 

Lekukan pada ujung kap mesin sedikit meruncing, tidak membulat. Desain headlamp memanjang dipadukan dengan sudut pada bemper dan ditambah dengan Daytime Runing Light (DRL), menjadikannya terlihat lebih elegan namun tetap sporty. Lebih meyakinkan lagi, nopol khusus yang tertera adalah RI 35, menandakan mobil ini milik Kementerian Riset dan Teknologi.

 

"Sabar ya, gambarnya baru boleh itu saja, nanti peluncurannya tanggal 20 Mei di Jakarta, lokasi lebih tepatnya nanti diinformasikan," tukas Andre Mulyadi, punggawa Signal Kustom saat berbincang dengan Okezone perihal foto tersebut.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini