Share

Hevina Dibangun buat Manjakan Publik Indonesia

Febri Ardani, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2013 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 17 52 808566 WDID9etBZW.jpg F: Mobil listrik Hevina (ist)

JAKARTA- Sedan Hevina yang digarap oleh rumah Signal Kustom merupakan proyek Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pesanan Kementerian Riset dan Teknologi (Menristek). Pembangunan Hevina diselesaikan LIPI bekerja sama dengan Signal Kustom.
 

LIPI dan Signal Kustom sebenarnya adalah teman lama. Beberapa tahun ke belakang kolaborasi keduanya sukses menelurkan mobil listrik bertitel The King pada ajang modifikasi berskala nasional.

 

"Khusus untuk Hevina kita hanya mengerjakan bodi saja, di proyek sebelumnya kita pernah bangun Skev-1 tahun 2010, setelah itu SV-1 di tahun 2011. Keduanya adalah prototipe kendaraan listrik tanpa atap," ungkap Andre Mulyadi pemilik Signal Kustom saat dikunjungi Okezone belum lama ini. Bila diperhatikan lebih seksama, terdapat lambang LIPI di bodi kedua mobil tersebut.

 

Andre juga mengatakan pembangunan mobil listrik yang pernah dikerjakan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat terhadap kendaraan ramah lingkungan dengan basis mobil listrik.

 

"Tujuan sebenarnya adalah memanjakan masyarakat, agar mobil listrik semakin dikenal dengan khalayak banyak. Signal dipilih untuk memberi nilai estetika eksterior Hevina, kita sudah terbiasa bikin hal seperti itu di modifikasi, kita juga sudah terbiasa dengan sense modifikasi di bagian eksterior," papar Andre.

 

Seluruh pengerjaan sisi eksterior Hevina diselesaikan di Bandung, markas Signal Kustom. "Hampir keseluruhan eksterior di kerjakan Signal, termasuk pengecetan, pembuatan rangka eksterior, finishing. Kita kerjakan kurang lebih selama empat bulan," imbuh Andre lagi.

 

Dibangun sejak tahun 2004, Signal Kustom memang bukan nama asing di dunia modifikasi. Tangan dingin Andre selalu menghasilkan berbagai macam trofi di ajang kontes modifikasi. Belum lama, Toyota Yaris besutannya mendapatkan gelar The King Autoblackthrough Yogyakarta 2013.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini