Hevina Tunggu Respon Industri untuk Diproduksi Massal

Febri Ardani, Jurnalis · Senin 26 Agustus 2013 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2013 08 26 52 855660 NnQDUYU8OV.jpg F: Mobil listrik Hevina (Febri Ardani / Okezone)

TANGERANG SELATAN - Langkah jangka panjang yang selanjutnya akan ditentukan bagi Hevina adalah terlahir sebagai mobil produksi. Meski masih butuh banyak persiapan dan mental matang, setidaknya sekarang Hevina sudah bisa menjadi bakal calon akan seperti apa model mobil ramah lingkungan di Indonesia.

Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta mengatakan, "Kalau yang ini (bus) bolehlah kita tawarkan ke industri. Langkah kita itu kalau sudah menghasilkan prototipe, para industri akan kita undang, lalu kita paparkan kelebihan dan kekurangannya, nanti baru bisa ditentukan siapa industrinya," jelasnya ketika ditanya jurnalis di Puspitek, Tangerang Selatan, Senin (26/8/2013).

Tugas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) hanya memikirkan sebuah konsep mobil masa depan yang sangat ramah lingkungan sedangkan bila ingin masuk ke skala industri maka akan dilempar ke perusahaan pendonor dana.

Untuk diketahui, dua model Hevina, sedan dan bus  yang diserahkan LIPI kepada Menristek hari ini masih berupa prototipe riset. Jika ingin diproduksi massal maka sebuah prototipe produksi terlebih dahulu harus diciptakan.

"Saya harap di 2016 sudah dicoba 4-5 unit, tahun-tahun berikutnya baru diproduksi massal. Target pasarnya tentu saja dalam negeri dahulu," tutup Hatta.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini