nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Periksalah Kendaraan Anda Sebelum Berlibur

Arief Aszhari, Jurnalis · Senin 23 Desember 2013 18:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2013 12 23 87 916384 2hQhSD7Eql.jpg F: Ilustrasi (theautochannel)

JAKARTA - Musim liburan telah tiba. Banyak keluarga yang berencana untuk menghabiskan waktu libur bersama. Kendaraan pribadi tentu akan menjadi alat transportasi andalan untuk berlibur.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk pergi keluar kota menggunakan kendaraan roda empat, jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi kesehatan mobil sebelum berangkat menikmati libur panjang. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama menempuh perjalanan. Lalu apa saja yang harus diperiksa?

"Untuk yang merencanakan pergi keluar kota sebaiknya periksa kanvas rem, kopling, air radiator, dan tune up. Namun untuk yang rajin merawat mobil secara berkala cukup ganti oli saja sudah safety dan ganti v-belt," ujar Parman Suhada, Kepala Bengkel Plaza Toyota, saat dihubungi Okezone, Senin (23/12/2013).

Lebih lanjut Parman mengatakan, Jika seseorang pemilik kendaraan merawat mobilnya secara berkala maka mekanik memberitahu kerusakan mobil, jadi tidak perlu mengganti semua komponen namun mobil sangat siap digunakan untuk berpergian jarak jauh.

Selain itu, bagi yang berencana untuk berpergian menuju kawasan dengan kontur jalan seperti Puncak, Jawa barat, selain akan menghadapi jalan dengan tikungan menanjak atau menurun, juga akan dihadapi dengan kondisi kemacetan karena hari libur. Dengan kondisi seperti itu gejala overheat atau meningkatnya suhu mesin kendaraan akan mudah terjadi.

"Mobil yang sering overheat mungkin mobil yang jarang dirawat karena kondisi air radiator yang buruk. Jika kualitas air radiator bagus dan water pump tidak bocor maka tidak akan ada gejala overheat. Jadi perawatan mobil itu sangat penting dilakaukan," pungkasnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini