nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ayo Cek Mobil Usai Dipakai Liburan

Azwar Ferdian, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2014 13:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 01 04 87 921667 TLxbjTsTZq.jpg F: Periksa kendaraan (Okezone)

JAKARTA – Liburan akhir tahun telah usai, bagi Anda yang baru saja melakukan perjalanan panjang menggunakan kendaraan, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan kembali pada kendaraan. Terlebih bila mobil memang dipakai buat harian.
 

“Intinya rasakan dengan seksama performa mobil, apalagi bila memang sudah sehati dengan mobil. Ada kurang sedikit, atau bunyi-bunyi, pasti kita bisa merasakannya. Kalau sudah begitu, cepat lakukan pemeriksaan,” jelas Eko, mekanik di bilangan Serpong, Tangerang Selatan.

 

Periksa bagian penyangga mobil, mulai ban, suspensi, rem, dan lainnya. Ban menjadi bagian penting yang perlu diperiksa. Kendaraan sekarang banyak menggunakan ban tubles, dan rentan dengan kondisi jalan yang tidak rata. Cek apakah ada benjolan pada permukaan ban.

 

Sistem suspensi yang mencakup shockbreaker dan pegas, juga jangan sampai luput dari pemeriksaan. Tekan bodi mobil sekuatnya, lalu lihat pantulannya. Jika ayunannya berulang-ulang, berarti saatnya mengganti shockbreaker mobil. Hal yang sama juga berlaku apabila ayunan lebih tinggi dibanding dengan sebelum bodi mobil ditekan. Selain itu, apabila terdengar suara yang tidak seperti biasa, bisa disebabkan pegas yang sudah retak sehingga kondisinya sudah harus diganti.

 

Periksa juga kondisi rem dan kanvasnya. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan rem tangan. Rem tangan berhubungan dengan rem belakang mobil. Jika melakukan pengecekan dengan cara ini, berarti harus diingat ketinggian tuas saat ditarik, sehingga bisa membandingkan dengan posisi yang sekarang.

 

Saat posisi rem tangan bertambah tinggi, berarti rem bertambah tipis. Atau bisa juga didengar dari jumlah suara klik saat rem tangan diaktifkan. Apabila melebihi standar sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh, aturlah kembali jarak rem dengan teromol.

 

Jika ingin memeriksa secara langsung, bukalah ban dan periksa ketebalan kanvas rem. Apabila ketebalan kurang dari 1 mm, segera ganti dengan yang baru.

 

Selain hal-hal tersebut, perhatikan juga kondisi tuas rem tangan, roda kemudi, pedal rem, dan kopling. Perangkat tersebut memang terlihat biasa-biasa saja, namun setelah digunakan untuk perjalanan jauh, bisa jadi posisinya berubah sehingga mempengaruhi kenyamanan ketika dikendarai.

 

Terakhir bisa melakukan spooring dan balancing kendaraan di bengkel. Gejala ban yang membutuhkan spooring adalah ketika dikendarai, mobil serasa melayang. Selain itu, antara kemudi dengan roda terasa tidak kompak. Berarti mobil membutuhkan keselarasan roda kiri dan kanan. Begitu pula dengan balancing, gejala ketidakseimbangan pada roda adalah saat mobil dipakai pada kecepatan yang tinggi, kemudi terasa bergetar.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini