nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Velg Tetap Kinclong Meski Musim Hujan

Arief Aszhari, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2014 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 01 14 87 926133 6uReFRJlwZ.jpg F: Ilustrasi (Septian P / Okezone)

JAKARTA - Musim hujan telah tiba. Bahkan pada awal pekan ini telah diwarnai dengan banjir yang terjadi di berbagai wilayah Ibukota lantaran intensitas hujan yang tinggi.

Dengan kondisi musim hujan seperti ini, mobil pasti akan lebih sering melewati genangan air hujan. Kondisi ini pasti akan mempengaruhi kondisi kaki-kaki mobil, khususnya velg yang akan kehilangan kilauan warnanya karena terlihat kusam.

Untuk mengantisipasi masalah tersebut, Okezone mencoba untuk berbagi tips singkat yang diambil dari berbagai sumber. Yang utama adalah lakukan pencucian velg setelah mobil digunakan melintasi genangan air.

Perlu diingat, jangan lakukan pencucian saat mobil baru saja dipakai karena kondisi velg masih hangat dan partikel air akan mudah mengering dan menimbulkan bercak noda. Lakukan pencucian ketika velg sudah benar-benar dingin dan kering.

Setelah velg sudah dingin, mulailah bilas seluruh permukaan velg dengan air berkekuatan tinggi dan basuhlah dengan sabun ber-ph balance dan kembali bilas dengan air bersih. Cara ini dilakukan untuk membersihkan seluruh debu yang menempel setelah melewati genangan air.

Bersihkan juga bagian dalam velg karena bagian ini termasuk bagian yang terdapat kotoran paling banyak, jika diperlukan gunakan juga sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang susah dibersihkan.

Jika velg sudah kering, seka velg dengan lap chamois (kanebo) agar air yang menempel benar-benar kering karena jenis kain ini memiliki daya serap air yang sangat baik.

Bila masih terlihat kusam gunakan kompon. Jangan pakai wax untuk body mobil, karena malah akan membuat velg lebih kusam. Untuk velg dengan finishing crome, gunakan cairan pelapis khusus crome untuk menjaga tampilannya.

Jika velg sudah terlanjur tergores atau catnya mulai terkelupas, kerok permukaan yang menglupas kemudian amplas menggunakan ukuran 60 berkontur kasar, dilanjutkan dengan 120, 360, 600 sampai yang paling halus 1500 secara berurutan dan bergantian.

Setelah proses pengampelasan selesai, semprotkan cat baru sesuai warna asli velg lalu lapisi dengan cairan poles logam atau krom agar terlihat makin kinclong. Selamat mencoba.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini