nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Cuci Mesin Saat Steam Mobil

Septian Pamungkas, Jurnalis · Senin 20 Januari 2014 13:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 01 20 87 928811 FbjsXGtylo.jpg F: Workshop Daihatsu (Septian P/Okezone)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu Okezone mendapati peristiwa kebakaran yang menimpa mobil Toyota Innova di kawasan Kuningan, Jakarta. Beruntung saat itu api tidak terlalu besar dan dapat segera dipadamkan sehingga hanya membakar sisi kiri lampu depan saja.

 

Menurut pengakuan si pengemudi, dirinya habis melakukan cuci steam termasuk bagian mesin. Diperkirakan air sisa cucian masuk ke area mesin sehingga dapat memicu terjadinya kebakaran.

 

"Saya perkirakan ada hubungan arus pendek karena kalau mesin juga dicuci akan ada banyak air yang masuk ke soket," kata Instruktur Service Training Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Aji Prima disela-sela Workshop Pencegahan Kebakaran Pada Kendaraan di Daihatsu Technical & Training Center, Sunter, Jakarta Utara, Senin (20/1/2014).

 

Menurut Aji untuk mobil-mobil sekarang atau model terbaru saat ini tidak disarankan untuk dicuci, tetapi sebaiknya di lap saja.

 

"Kalau mobil non-electrical atau masih pakai karburator masih boleh (cuci bagian mesin) tapi kalau mobil sekarang yang sudah mengadopsi electrical sebaiknya jangan karena banyak sensor-sensor electrical," ujarnya.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini