nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Panik Saat Mobil Terbakar

Septian Pamungkas, Jurnalis · Senin 20 Januari 2014 14:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 01 20 87 928838 BiU6aDoaSF.jpg F: Mobil terbakar (ist)

JAKARTA - Belakangan ini sering kali ditemui mobil mengalami kebakaran di jalan. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran bagi si pengemudi maupun penumpangnya. Lalu hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat mobil Anda kebakaran?
 

Instruktur Service Training Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Aji Prima memberikan tips ketika terjadi kebakaran kendaraan.

 

"Pertama, ketika muncul asap pada kendaraan Anda janganlah panik," katanya saat Workshop Pencegahan Kebakaran Pada Kendaraan di Daihatsu Technical & Training Center, Sunter, Jakarta Utara, Senin (20/1/2014).

 

Kedua adalah pastikan diri Anda aman sebelum menolong orang lain. Ketiga, selamatkan lebih dulu anak-anak. "Pastikan diri Anda dulu, kalau orang lain dulu dan Anda tidak dapat oksigen malah bisa jadi korban dua-duanya," ujarnya.

 

Lebih lanjut Aji mengatakan, untuk menjauh dari kendaraan saat api mulai membesar. Hal ini untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan karena mobil memiliki sejumlah bahan-bahan yang mudah terbakar seperti oli power steering, minyak rem, coolant, reservoir coolant dan tentu saja bahan bakar itu sendiri.

 

Kelima, menurut Aji, menghubungi pemadam kebakaran terdekat. Berikutnya Anda harus berhati-hati dalam memadamkan api. Dan terakhir, jika api masih relatif kecil, gunakan alat pemadam kebakaran.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini