nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Merawat Kaca Mobil di Musim Hujan

Septian Pamungkas, Jurnalis · Selasa 21 Januari 2014 10:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 01 21 87 929265 4CNGrOWChc.jpg F: Banjir di Jakarta (Okezone)

JAKARTA – Sudah sepekan lebih sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan. Bagi para pemilik kendaraan roda empat, sebaiknya lebih sering membersihkan mobil, karena air hujan bisa membuat cat atau kaca mobil menjadi berubah.

Mobil yang habis mandi hujan rentan terkena penyakit khususnya pada bagian kaca. Bagian kaca depan bisa menjadi berjamur dan menggangu visual pengendara, terutama di malam hari.

 

"Kalau habis hujan-hujanan sebaiknya langsung dicuci untuk menghindari jamur pada kaca." terang Nur Wahyudi Suhendra, Tinter (pemasang kaca film mobil) Llumar beberapa waktu lalu.

 

Itu untuk kaca bagian luar. Lalu bagaimana dengan kaca bagian dalam yang telah dilapisi kaca film. Menurutnya, merawat kaca film itu tidak sulit dan cukup menggunakan air bersih dan menyekanya dengan tisu.

 

"Perawatan kaca film itu cukup dengan air biasa saja dengan menggunakan tisu yang dibasahkan. Jangan menggunakan zat kimia pembersih, karena ini bisa merusak struktur filmnya," ujarnya.

 

Sebaiknya mengelap menggunakan kain, dan tidak disarankan menggunakan kain lap Chamois yang telah digunakan untuk mencuci bodi mobil.

 

"Kalau mengelap menggunakan kain. Jangan pakai kanebo yang dipakai buat nyuci (bodi) karena masih ada sisa shampoo atau zat kimia lainnya. Ini juga bisa merusak kaca film," urainya.

 

Pria yang akrab disapa Yudi ini juga mengatakan penggunaan pembersih yang mengandung zat kimia dapat menurunkan kualitas kaca film.

 

"Kebanyakan orang itu tidak ngerti, cuci ditempat penyucian mobil terus kacanya diberi pembersih, itu sebenarnya yang malah merusak karena lapisan kaca filmnya itu bisa mengelupas dan timbul warna pelangi." tutup Yudi.

(zwr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini