nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengetahui Oli yang Sudah Tercampur Air

Septian Pamungkas, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2014 14:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 01 23 87 930582 aXcFeoD18Y.jpg F: Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA - Kendaraan yang nekat menerabas genangan air yang cukup tinggi rentan mengalami kerusakan pada mesin. Pasalnya, kemungkinan sektor jantung pacu kemasukan air cukup besar.

Technical Support Engineer PT Topindo Atlas Asia (TOP 1 Indonesia), Lucky Elfano, menerangkan untuk mengetahui oli yang sudah tercampur air itu sangat gampang yakni saat mengganti oli.

"Paling gampang untuk tahu oli kecampur air atau tidak itu pas ganti oli. Kalau oli biasa, baru atau bekas yang tidak tercampur air warnanya akan mengkilap tapi kalau sudah tercampur air pasti kelihatan keruh," jelasnya di Jakarta, Kamis (23/1/2013).

Sementara itu, Krissanto Ariyudhi, Assistant Manager Sparepart Division TOP 1 Indonesia mengatakan tidak ada perubahan bunyi pada mesin jika oli tercampur air. Namun bagi yang mengerti mesin pasti dapat merasakannya.

"Saat mesin dihidupkan, oli yang masih bagus dengan yang sudah putih (tercampur air) itu sama saja. Tidak ada perubahan suara mesin. Tapi kalau orang yang sudah paham mesin pasti tahu karena dia bisa merasakan, nah kalau yang awam? Bagi mereka (yang awam) mesin bisa hidup dan temperatur normal itu sudah sesuatu kondisi yang normal tapi kan dia tidak tahu kalau mesinnya sudah tercampur air." tukasnya.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini