Usaha Cuci Mobil Sudah Berumur 100 Tahun

Septian Pamungkas, Jurnalis · Senin 07 April 2014 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2014 04 07 424 966463 iSxpjFOOSn.jpg F: Ilustrasi (Inautonews)

CHICAGO- Demi merayakan 100 tahun tempat pencucian mobil, International Carwash Association menggelar konvensi dengan mengumpulkan sebanyak 5.600 industri profesional di Chicago, Amerika Serikat.

Banyak kalangan yang memperdebatkan siapa yang membuka usaha tempat pencucian mobil pertama. Tidak sedikit yang berkeyakinan setiap orang mulai mencuci mobil sejak kendaraan bermotor tersebut diciptakan tepatnya saat kendaraan roda tiga Carl Benz lahir pada 1885.

Namun saat itu jumlah mobil masih sangat terbatas dan belum ada yang menjadikan sebagai tempat usaha dan mengelolanya secara terorganisir.

Dalam konsensus umum akhirnya menyepakati nama kota Motor City dan "Automobile Laundry" sebagai tempat pencucian mobil pertama. Automobile Laundry merupakan hasil kerjasama Frank McCormick dan JW Hinkle yang didirikan pada tahun 1914. Demikian seperti dilansir Inautonews, Senin (7/4/2014).

Seiring berjalannya waktu tepatnya pada 1951, Archie, Dean dan Eldon Anderson yang berasal dari Seatle melakukan pencucian mobil dengan proses yang lebih lengkap. Para pekerjanya dibekali sabun, melakukan penyikatan, membilas hingga proses pengeringan.

Tempat pencucian mobil saat ini menjadi sektor bisnis yang menjanjikan seiring dengan terus meningkatnya populasi kendaraan di dunia.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini