nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

"Jangan Andalkan Spion, Menoleh Lebih Baik"

Arief Aszhari, Jurnalis · Selasa 10 Juni 2014 18:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 06 10 87 996802 LjWX7kHS4c.jpg Safety Riding (foto: Arief Aszhari/Okezone)

BANDUNG- Keberadaan kaca spion di kendaraan memang sangatlah penting. Namun dengan adanya kaca spion, pengendara sepeda motor disarankan untuk tetap melihat kondisi sekeliling kendaraan dengan menoleh atau headcheck.

 

Menurut Anggono Iriawan, Manager Safety Riding and Motorsport Departement AHM, kaca spion memang sebuah alat pendukung, namun bagi para pengendara lebih baik menoleh atau melihat ke belakang saat berbelok. (baca: Instruktur wanita ikut safety riding)

 

"Kaca spion memang alat bantu namun lebih baik melihat kebelakang atau menoleh saat ingin berbelok. Seperti contoh, dalam ajang balap motor, bagi pembalap saat di paddock pun harus melihat ke belakang untuk memastikan kendaraan," ujar Anggono Iriawan saat berbincang dengan Okezone di sela-sela acara kompetisi safety riding Honda, di Bandung, Jawa Barat.

 

Hal tersebut juga diperkuat oleh, Edo Rusyanto, praktisi Road Safety Association, pemakaian kaca spion sepeda motor mutlak dua buah untuk membantu pengendara melihat keadaan dari arah belakang, baik kanan maupun kiri. (baca: pemotor wanita naik, srikandi safety riding makin penting)

 

"Lebih afdol bila dilengkapi menoleh saat berbelok. Hal ini untuk mengurangi tabrak belakang. Kita tahu, tabrak belakang merupakan jenis kecelakaan terbesar di Indonesia," pungkasnya.

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini