Truk Tanpa Pengemudi Daimler Hadir 2025

Arief Aszhari, Jurnalis · Minggu 06 Juli 2014 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 05 52 1008711 Id2y6vF9ij.jpg F: Mercedes-Benz Future 2025 (Leftlanenews)

BERLIN – Daimler sebagai perusahaan induk Mercedes-Benz berencana meluncurkan truk tanpa pengemudi atau autonomous pada 2025. Truk asal Jerman ini menandakan masa depan dalam industri automotif.

Daimler menyebut kendaraan ini sebagai Mercedes-Benz Truck Future 2025, dan rencananya konsep truk ini akan diperkenalkan bulan ini. Prototipe yang akan diperkenalkan ini kabarnya akan berjalan sendiri hingga kecepatan 55mph.

Truk masa depan Mercy ini akan menggunakan empat sensor radar, dan dua kamera untuk mengontrol cruise control adaptif, pengereman otomatis, kontrol stabilitas, dan sistem bantuan menjaga kendaraan tetap di jalur. Prototipe ini memiliki sistem baru yang disebut "Prediktif Powertrain Control" yang menggunakan jalan informasi topografi untuk memaksimalkan efisiensi.

Kendaraan ini akan sepenuhnya self-driving, meski saat ini belum memiliki kemampuan untuk berpindah jalur, dan menyalip kendaraan. Namun, Daimler mengatakan, teknologi tersebut akan segera hadir.

"Teknologi autonomous akan merevolusi transportasi angkutan jalan, dan menciptakan manfaat besar bagi semua orang yang terlibat," papar Dr Wolfgang Bernhard, anggota Dewan Managemen Daimler, yang bertanggung jawab untuk truk dan bus.

Daimler optimis truk masa depan ini dapat mengurangi kemacetan jalan, dan kecelakaan lalu lintas yang cukup fatal. Produsen mengatakan, truk masa depan ini akan berjalan lebih efisien, yang berarti biaya operasional yang lebih rendah bagi sebuah produsen truk. Demikian seperti dilansir dari Leftlanenews.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini