nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tentukan Rute Mudik, Pakai Google Maps Saja

Septian Pamungkas, Jurnalis · Senin 21 Juli 2014 11:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 07 21 87 1015640 ddidIfMLHN.jpg F: Ilustrasi penggunaan Google Maps pad smartphone (androidcommunity)

JAKARTA - Musim mudik lebaran telah tiba. Ribuan pemudik berangsur-angsur meninggalkan Ibukota untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman. Berbagai media digunakan untuk melayani perjalanan mudik mulai dari angkutan umum seperti bis, pesawat, kereta api atau mengunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun sepeda motor.

Khusus bagi Anda yang akan melakukan mudik menggunakan mobil pribadi maupun sepeda motor tentunya harus mempersiapkan fisik dan kesiapan kendaraan. Pasalnya perjalanan selama arus mudik akan terasa lebih panjang dibanding waktu normalnya.

Salah satu persiapan sebelum melakukan perjalanan adalah mempersiapkan rute atau jalur mana yang akan dilalui. Anda dapat memanfaatkan peta mudik yang sudah banyak tersedia.

Namun jika kesulitan membaca peta mudik yang konvensional, ada cara lain kok yang lebih modern. Jika tidak memiliki GPS (global positioning system) Anda bisa mengandalkan fitur Google Maps yang tersemat pada Smartphone. Dengan cara ini tentunya akan memudahkan Anda menentukan rute perjalanan lebih praktis dan efektif.

Berikut tips memanfaatkan Google Maps untuk menemani mudik Anda:

1. Cari jalan yang paling nyaman untuk menuju tempat tujuan

Pergi/pulang pada saat arus mudik dapat memakan waktu yang lama oleh karena itu ada baiknya jika Anda melakukan perencanaan dan membiasakan diri dengan rute yang akan dilalui terlebih dahulu.

Perencanaan dapat dimulai dengan mencari jalan menuju tempat tujuan, kemudian carilah rute alternatif yang dapat anda gunakan jika jalanan macet atau ada kecelakaan dijalan.

Hal ini dapat menghemat waktu di perjalanan. Untuk mengurangi resiko kendaraan mogok, Anda juga dapat melihat jarak yang akan ditempuh untuk estimasi berapa banyak bahan bakar yang dibutuhkan kendaraan.

Informasi ini dapat ditemukan dengan mudah melalui Google Maps. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Maps untuk memberikan informasi kepada anggota keluarga.

Coba sekarang: ketik rumah Anda (misalnya : Mampang Prapatan) lalu pilih lokasi yang dituju (misalnya : Pekalongan), maka rute perjalanan dan jarak tempuh yang anda butuhkan akan tampil di layar. Anda dapat melihat alternatif jalan hanya dengan klik dan menarik ke bawah/atas rintas jalan yang telah dipilih, hingga rute alternatif langsung tampak di layar ponsel. Setelah itu, simpan penemuan anda dan sebarkan informasi tersebut ke keluarga anda.

2. Cari informasi mengenai segala kebutuhan perjalanan

Dalam merencanakan perjalanan anda, ada baiknya jika anda mencari informasi tentang tempat peristirahatan yang dapat anda kunjungi ketika mengantuk saat berkendara, penginapan terdekat jika anda ingin beristirahat, restoran atau SPBU yang berlokasi di sepanjang perjalanan anda.

Coba sekarang : Anda dapat klik kanan pada rute perjalanan yang ada di Google Maps anda dan klik “what’s here”, lalu ketik tempat yang ingin anda ketahui (misalnya : SPBU). Secara otomatis, Google Maps akan menunjukkan SPBU yang sejalan dengan rute perjalanan anda, lengkap dengan nama SPBU serta alamat.

Anda juga dapat klik “what’s where”, lalu ketik restoran yang ingin anda kunjungi (misalnya: restoran Padang), Google Maps akan menunjukkan restoran Padang yang ada disepanjang jalan anda, lengkap dengan alamatnya.

3. Catat semua penemuan anda di My Places

Anda dapat menyimpan tempat-tempat menarik mulai dari tempat wisata hingga restoran yang ditemui dengan menggunakan Tempatku (My Places). Selain menyimpan kenangan anda, anda juga dapat membagikan informasi mengenai tempat-tempat tersebut ke keluarga dan teman Anda.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini