nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapkan Satu Menit untuk Periksa Ban

Septian Pamungkas, Jurnalis · Senin 21 Juli 2014 13:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 07 21 87 1015729 RyDfsQ4kYo.jpg F: Cek tekanan angin

JAKARTA- Tingginya angka kendaraan di jalan raya tidak diikuti dengan tingkat kesadaran pengendara yang tinggi pula. Masih banyak pengendara yang kurang peduli terhadap kondisi ban kendaraan. Hal ini tentu bisa berdampak buruk karena kecelakaan dapat terjadi sewaktu-waktu.

Direktur Marketing Goodyear Indonesia Fenty Berliana mengatakan, cara paling sederhana untuk peduli terhadap ban dan sekaligus mengurangi tingkat kecelakaan yaitu dengan sempatkan sedikit waktu untuk berkeliling memeriksa ban sebelum beraktivitas.

"Tidak sampai dua menit buat berkeliling mobil, memeriksa tekanan angin dan memeriksa kondisi kelayakan ban sebelum berangkat," ungkap Fenty Berliana beberapa waktu lalu.

Menurut Fenty, cara selanjutnya adalah tetap melakukan perawatan secara berkala. Pemeriksaan tekanan angin ban seminggu sekali, serta melakukan spooring dan balancing secara teratur.

"Banyak masyarakat yang tidak paham, bahwa tekanan angin pada ban itu berbeda-beda setiap mobil. Untuk ukuran tekanan angin yang benar biasanya terdapat pada pintu di setiap masing-masing mobil," tambahnya.

Ban sendiri merupakan bagian yang memiliki peran vital dalam keselamatan berkendara. Ban merupakan satu-satunya elemen dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini