nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Cuma Kesehatan Mobil, Ini juga Penting Saat Mudik

Septian Pamungkas, Jurnalis · Selasa 22 Juli 2014 11:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 07 22 87 1016162 6MWjVs4cau.jpg F: Ilustrasi mudik lebaran (Okezone)

JAKARTA - Melakukan perjalanan mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi sudah barang tentu kondisi kesehatan tunggangan mendapat perhatian khusus. Pasalnya jarak yang ditempuh cukup jauh dengan waktu yang tempuh umumnya lebih lama.

Selain memeriksa kesehatan kendaraan seperti kondisi ban, rem, kaki-kaki, kelistrikan, mesin dan komponen lainnya, ada banyak hal lain yang patut diperhatikan sebelum dan saat melakoni perjalanan mudik.

Berikut tips aman mudik yang direkomendasikan diler resmi Toyota di Indonesia, Auto2000.

1. Siapkan fisik agar tetap prima. Caranya dengan istirahat yang cukup dan hindari aktivitas yang terlalu melelahkan sebelum berangkat mudik.

2. Periksa kesehatan lebih dahulu, khususnya jika memiliki riwayat penyakit tertentu. Penderita diabetes sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin menggunakan alat pemantau gula darah sehingga dapat dilakukan langkah-langkah antisipasi jika kadar gula melewati ambang normal.

3. Jika diperlukan, konsumsi suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan mudik

4. Bawalah obat-obatan sesuai kebutuhan. Lengkapi juga pada kotak P3K dimobil dengan perban, obat luka, serta obat-obatan untuk penyakit ringan seperti obat sakit kepala, anti alergi, obat anti mabuk perjalanan, dan obat maag.

5. Hindari mengkonsumsi alkohol atau obat yang menimbulkan kantuk jika harus mengendarai kendaraan bermotor

6. Selama perjalanan mudik, beristirahatlah setiap dua jamĀ  dan lakukan gerakan peregangan untuk memperlancar peredaran darah. Untuk pengemudi, jika sudah mengantuk jangan memaksa terus menyetir. Tepikan lendaraan dan tidurlah hingga tubuh terasa segar kembali.

7. Manfaatkan pos kesehatan jika sakit diperjalanan mudik. Anda dapat meminta bantuan paramedis di sembilan lokasi Pos Siaga Astra untuk pemeriksaan kesehatan, serta pengobatan sakit ringan.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini