nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Tri Siap ala Polisi

Arief Aszhari, Jurnalis · Selasa 29 Juli 2014 13:49 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 07 25 52 1018268 IRgo9X2aYB.jpg F: Petugas Kepolisian mengalihkan arus lalu lintas di Simpang Plawangan, Kecamatan/Kabupten Pemalang, Jawa Tengah (Risna Nur Rahayu / Okezone)

JAKARTA - Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan hari, sudah banyak masyarakat yang melakukan perjalanan mudik lebaran. Berbagai moda transportasi digunakan untuk mudik kali ini, mulai dari kendaraan umum maupun pribadi.

Pihak kepolisian Republik Indonesia, melalui Kabid Dikmas Korlantas Mabes Polri, Kombes Pol Pujiyono Dulrahman, tetap menghimbau agar para pemudik mengutamakan keselamatan di jalan raya, dan tetap mengikuti "Tri Siap".

"Kami menghimbau kepada para pemudik menjalani Tri Siap, agar dalam melakukan perjalanan baik saat arus mudik atau arus balik lancar dan aman," ujar Pijiyono Dulrahman, saat berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu.

Tiga siap yang pertama adalah, para pemudik harus siap mentaati semua peraturan lalu lintas. Apapun yang diatur oleh pihak kepolisian, apapun yang diatur pihak kepolisian, apapun yang menjadi rambu-rambu lalu lintas, harus ditaati oleh para pemudik jangan sekali-kali melanggar.

"Pemudik jangan terobos kanan, terobos kiri, dan terobos lampu merah. Jika polisi memberikan jalan alternatif sebaiknya di dengar, karena pihak kami dilapangan yang lebih tau kondisi," tambah Pujiyono.

Tri siap kedua adalah, harus siap kondisi fisik dan pengendara karena yang mengetahui pasti kondisi badan adalah diri sendiri. Saat melakukan perjalanan jauh kondisi harus benar-benar prima. "Kita yang tahu kondisi fisik, apakah sedang pusing, atau galau," tambahnya sambil tersenyum.

Siap ketiga adalah, siap memeriksa kendaraan sebelum melakukan mudik. Kendaraan harus dibawa ke bengkel untuk diperiksa semuanya agar saat perjalanan tidak ada komponen yang rusak, dan mengganggu pastinya.

"Jika sudah melakukan Tri Siap tersebut, Insya Allah mudik akan lancar," pungkasnya.

(ian)

Berita Terkait

Mudik 2014

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini