Lampu Lalu Lintas Ini Telah Berumur 100 Tahun

Arief Aszhari, Jurnalis · Jum'at 08 Agustus 2014 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 08 424 1021800 i5MnZIuFkd.jpg F: Lampu lalu lintas (Inautonews)

CLEVELAND- Bagi pengendara motor dan mobil pasti sudah akrab dengan lampu lalu lintas. Ya, lampu yang berfungsi untuk mengendalikan arus lalu lintas di persimpangan jalan, tempat penyebrangan, dan tempat arus lalu lintas lainnya.

Lampu lalu lintas atau traffic light memiliki peranan yang sangat penting untuk mengendalikan arus kendaraan di jalan. Dan tahukah anda, jika lampu yang memiliki tiga warna yaitu merah untuk berhenti, hijau untuk jalan, dan kuning untuk berhati-hati ini sudah berumur 100 tahun.

Dikutip dari Inautonews, Jumat (8/8/2014), menurut sejarahwan lampu lalu lintas pertama kali dibangun satu abad yang lalu, di sudut jalan Euclid dan 105 di Cleveland, Amerika Serikat.

Lampu lalu lintas ini dibuat karena semakin berkembangnya industri automotif di Cleveland, sehingga menurut seorang penemu Ohio bernama James Horge perlu dibuat sesuatu yang dapat mengatur arus kendaraan di jalan raya.

Lampu lalu lintas pertama dibuat oleh American Traffic Signal Company. Pada awalnya,  lampu lalu lintas hanya berwarna merah untuk menandakan kendaraan harus berhenti dan ada seseorang operator yang bertugas untuk mematikan lampu tersebut sebagai tanda kendaraan dapat berjalan kembali.

Sementara itu, seiring waktu berjalan seorang petugas polisi Detroit, William L Potts, dipercaya menjadi orang yang membuat perpaduan antara lampu merah, hijau, dan kuning dimana lampu dengan perpaduan tiga warna ini pertama kali diterapkan di jalan Woodward dan Michigan dengan sistem otomatis pada 1921.

Namun ternyata, di Amerika Serikat pada 1960 masih banyak kota seperti New York yang masih menggunakan lampu merah dan hijau saja.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini