nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Tepat Dirikan Motor yang Terjatuh

Septian Pamungkas, Jurnalis · Rabu 20 Agustus 2014 17:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 08 20 87 1027387 Rsr0SisrWe.jpg

SENTUL - Jatuh dari motor tentu bisa dialami oleh siapa saja. Dan membangunkan motor yang terjatuh tidak bisa dilakukan sembarangan. Salah-salah bisa menyebabkan cidera pada tubuh Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mendirikan motor yang terjatuh adalah memastikan mesin motor dalam kondisi mati. Kemudian, mengangkat motor tidak dapat dilakukan dilakukan secara langsung dari posisi duduk ke berdiri. Lakukanlah seperti teknik olahraga angkat besi.

"Jangan langsung berdiri karena bisa beresiko cidera pada punggung dan pinggang," terang instruktur Yamaha Riding Academy, Robby Winaldy di Sentul Bogor, Jawa Barat.

"Lakukan secara bertahap. Siapkan kaki yang kuat sebagai kuda-kuda, lalu satu tangan menggenggam setang yang sudah ditekuk ke arah dalam dan satu lagi menggenggam step belakang atau behel,"

"Setelah itu angkat motor perlahan hingga badan membungkuk. Siapkan kaki yang menjadi kuda-kuda untuk membantu menyangga motor untuk kemudian dirikan motor hingga tegak," 

Cara tersebut disebutkan Robby untuk posisi motor yang jatuh ke arah kanan. Namun jika motor yang terjatuh ke arah kiri, dapat dilakukan dengan cara yang sama tetapi jangan lupa untuk menegakkan standar samping untuk menahan motor ketika sudah dibangunkan.

Menurut Robby cara ini dapat diterapkan untuk motor jenis apapun baik skutik maupun motor sport sekalipun. Namun jika kasusnya menimpa pengguna moge (motor gede) tentu tenaga yang harus dikeluarkan bisa dua kali lebih besar karena bobotnya yang sangat berat.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini