Touring Menantang Yamaha di Negeri Laskar Pelangi

Septian Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 30 Agustus 2014 10:59 WIB
https: img.okezone.com content 2014 08 30 423 1031902 eNgDzrw5FB.jpg Yamaha YZF-R25 (Septian P/Okezone)

BELITUNG - Yamaha Indonesia menggelar acara bertajuk "Turing Fun Adventure Yamaha R25 Keliling Belitung" dengan peserta yang berasal dari awak media. Acara ini digelar sebagai bagian dari Belitung CBU Festival dimana Yamaha turut berpartisipasi dalam acara ini.

Tidak hanya jurnalis, kegiatan ini juga diramaikan oleh Yamaha Revs CBU (YRC) Indonesia dan konsumen R25. Acara berlangsung selama 3 hari (29-31 Agustus 2014).

Selama touring, peserta disuguhkan berbagai karakter jalan yang cocok menguji ketangguhan kuda besi berlogo garputala tersebut. Tidak hanya jalan lurus dengan jarak cukup jauh, jalan di Belitung juga menawarkan tikungan patah maupun tikungan cepat layaknya sirkuit. Kontur jalan relatif mulus, meski di beberapa tempat sedikit berpasir dan tidak rata. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi peserta touring.

"Pulau Belitung adalah salah satu destinasi utama wisata dan memiliki daya tarik tersendiri. Dengan adanya acara ini, saya ingin nuansa acara legendaris Isle of Man ditambah nuansa brotherhood-nya bisa dirasakan teman-teman di Indonesia," ujar Eko Prabowo, GM Marketing Communication and Community Development Yamaha Indonesia.

Pada hari pertama, rombongan wartawan memiliki rute yang berbeda dengan rombongan komunitas. Mengambil garis start di diler utama Yamaha Sumber Jadi, delapan unit Yamaha R25 dan tujuh unit R15 menjadi tunggangan para awak jurnalis.

Okezone yang pada kesempatan pertama menunggangi Yamaha R15 cukup terkesan dengan performanya. Di trek lurus, Okezone hanya mampu mengapai kecepatan 135 kilometer per jam (kpj). Bahkan ada jurnalis lain yang mampu mencapai angka 144 kpj. Hasil ini tentu cukup mengejutkan.

Meski dipacu dalam kecepatan tinggi, motor berkapasitas 150 cc tersebut tetap stabil. Melibas tikungan baik berkarakter cepat maupun patah, motor inipun dapat melewatinya dengan mudah.

Tidak hanya terbuai jalanan yang menantang, Okezone pun sangat menikmati perjalanan ini karena disuguhkan pemandangan menakjubkan dari pantai Belitung yang sangat indah. Air laut yang jernih, serta tidak ada sampah yang berserakan membuat mata begitu segar dan terpesona saat memandangnya.

Salah satu pantai yang sempat disinggahi adalah Tanjung Tinggi. Di sini kami menikmati keindahan alam. Di tempat ini pula lokasi pembuatan film Indonesia yang sangat fenomenal, Laskar Pelangi, di buat. Hamparan batu-batu besar serta air laut yang jernih menjadi suguhan utama di tempat ini.

Tidak terasa perjalan hari pertama yang mencapai jarak 100 kilometer berakhir di Tanjung Pendam. Di sini, rombongan pewarta automotif dan rombongan Yamaha Revs CBU (YRC) Indonesia serta konsumen R25 berkumpul untuk menikmati durian montong khas Belitung.

Menjelang senja, rombongan menuju penginapan untuk beristirahat. Sebagai informasi, rombongan hari ini, Sabtu (30/8/2014) dijadwalkan kembali "mengukur" jalan Belitung dengan perkiraan jarak hingga 300 km. Kali ini Okezone akan bergantian menunggangi Yamaha R25.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini