Performa Tangguh All New Jazz Taklukan Pulau Dewata

Arief Aszhari, Jurnalis · Senin 15 September 2014 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 15 423 1039189 xhRtpJvnIj.jpg F: All New Honda Jazz (Dok HPM)

DENPASAR - Setelah puas mengamati sisi eksterior dan interior All New Jazz, kini tiba saatnya membedah performa hatchback asal Negeri Sakura tersebut. Okezone mendapatkan kesempatan duduk dibalik setir kemudi pada sesi test drive hari kedua. (Baca: Kabin All New Jazz Tawarkan Keceriaan)

Bersama rekan jurnalis dari salah satu media automotif online nasional, dan juga ditemani oleh guide cantik, Okezone siap menggeber mesin berkapasitas 1,5L SOHC i-VTEC 4 silinder. Rute hari kedua ini cukup panjang, dimulai dari hotel di Nusa Dua Bali menuju Desa Serangan, Denpasar Selatan.

Pada perjalanan kali ini, kami menelusuri jalan dengan berbagai kondisi mulai dari pedesaan, jalan raya dengan kondisi lalu lintas yang padat, jalan menanjak hingga menurun. Meski medannya cukup berat mesin berdaya 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.800 rpm ini begitu tangguh melibas semua rute.

Kesan pertama saat pertama kali menginjak pedal gas, tenaga All New Honda Jazz terasa cukup responsif. Mulai dari putaran rendah hingga tinggi tenaganya begitu terasa. Ditambah dengan transmisi CVT7 percepatan, dengan tingkat gesekan yang rendah, dan mengurangi hentakan yang terjadi saat melakukan perpindahan gigi menjadikan kenyamanan berkendara mobil ini cukup maksimal.

Perpindahan gigi yang halus berkat aplikasi transmisi CVT Earth Dreams Technology serta rasio drive dan driven pulley yang meningkatkan torsi awal menambahkan kesan fun to drive. Mesin yang responsif dari putaran rendah dan tetap hemat bahan bakar di putaran tinggi.

Dengan dukungan teknologi G-Design Shift yang akan menghasilkan akselerasi lebih responsif dan halus, namun tetap hemat bahan bakar. Begitu juga dengan saat melewati jalan menanjak dari Pulau Serangan menuju Unique Rooftop Restaurant di Jimbaran. Mobil ini mampu melibas medan ini dengan cukup mudah, dan handling mobil juga terasa lincah di tikungan menanjak dan menurun.

Begitu melewati jalan berlubang saat memasuki desa Serangan, hentakan mobil ini juga tersa cukup halus karena suspensi MacPherson Strut dan suspensi belakang H-shape Torsion Beam. Tidak lupa, dengan mengubah posisi ke mode sport tenaga yang dihasilkan lebih responsif dan dengan memainkan paddle-shift yang memungkinkan pengemudi menaikkan atau menurunkan transmisi dengan mudah melalui sentuhan tangan saja.

Kesimpulan, dengan seluruh fitur, performa, dan tampilan yang dimiliki All New Honda Jazz, hatchback ini kembali siap untuk menjadi penguasa di kelasnya. Dengan harga mulai Rp199 juta sampai Rp248 juta, mobil ini siap untuk menjadi pilihan utama bagi para kaum urban baik anak muda, dan keluarga modern.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini