nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Daihatsu dan Komunitasnya Menjaga Pelestarian Penyu

Septian Pamungkas, Jurnalis · Selasa 16 September 2014 13:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 16 199 1039764 KWcKOC0AMz.jpg F: Cara Daihatsu dan Komunitasnya Menjaga Pelestarian Penyu (dok. ADM)
JAKARTA - Banyak cara dilakukan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam menunjukan bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan hidup. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah penyelenggaraan program "Penyu untuk Indonesia" yang merupakan bagian dari Pilar Hijau Bersama Daihatsu.

Untuk diketahui, selama ini Daihatsu menyandarkan aktifitas Corporate Social Responsibilities (CSR) pada konsep Empat Pilar, yaitu Hijau Bersama Daihatsu, Sehat Bersama Daihatsu, Pintar Bersama Daihatsu, dan Sejahtera Bersama Daihatsu.

Program "Penyu untuk Indonesia" yang dilakukan merupakan proses pembinaan sejumlah konservasi penyu bekerjasama dengan Komunitas Klub Daihatsu. Sampai dengan saat ini setidaknya ada empat lokasi Konservasi Penyu Binaan Daihatsu, yakni Pantai Perancak (Bali), Batu Hiu (Pangandaran), Pangumbahan (Ujung Genteng), dan Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu).

Khusus untuk Konservasi Penyu di Pulau Pramuka, Daihatsu melakukan perbaikan sejumlah fasilitas konservasi penyu bekerjasama dengan komunitas Klub Taruna Owners (TO), Terios Rush Club Indonesia (Teruci), dan Ceria Club Indonesia (CCI) serta Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Aktifitas dimulai dengan penyusunan ide dan rencana perbaikan secara bersama (April 2014), dilanjutkan dengan realisasi rencana perbaikan fasilitas konservasi (Mei-Juni 2014) berupa pembangunan tempat peteluran penyu dan renovasi rumah pemeliharaan penyu serta pemasangan papan informasi dan sosialisasi pentingnya pelestarian penyu. Total dana perbaikan fasilitas konservasi penyu mencapai lebih dari Rp150 juta.

Peresmian atau syukuran atas selesainya perbaikan fasilitas konservasi penyu di Pulau Pramuka ini dilakukan pada 15 September 2014 oleh Manajemen Daihatsu yang diwakili oleh Marketing Director ADM Amelia Tjandra, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mewakili Distributor Daihatsu, Executive Coordinator Corporate Planning Division ADM Rudy Ardiman, Executive Coordinator Customer Satisfaction & Value Chain Division Budi Mahendra, yang dihadiri perwakilan Konservasi Penyu Taman Nasional Kepulauan Seribu serta sejumlah wartawan pemerhati lingkungan dari Jakarta.

Program Konservasi Penyu Binaan Daihatsu ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya anggota Komunitas Klub Daihatsu, untuk turut menjaga pelestarian penyu sebagai salah satu hewan reptil purba yang semakin berkurang jumlahnya namun secara kebetulan banyak terdapat di Indonesia karena 6 (enam) dari 7 (tujuh) jenis penyu dunia terdapat di Indonesia.

"Saat ini, jumlah populasi penyu di dunia terus mengalami penurunan bahkan terancam punah. Kami mengajak masyarakat di sekitar Kepulauan Seribu untuk turut memberi perhatian dan menjaga kelestarian habitat penyu karena penyu memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di laut dan di darat. Melalui Program Penyu untuk Indonesia dengan sejumlah Konservasi Penyu Binaan Daihatsu mudah-mudahan habitat penyu di berbagai daerah di Indonesia mengalami perbaikan dan semakin meningkat pula populasinya." ujar Amelia Tjandra.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini