Ada Tiga Faktor Penting untuk Menekan Angka Kecelakaan

Septian Pamungkas, Jurnalis · Sabtu 27 September 2014 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 27 52 1045213 E78zhvDYng.jpg F: Ada Tiga Faktor Penting untuk Menekan Angka Kecelakaan (dok. TAM)

JAKARTA - Meski telah melengkapi produknya dengan sederet fitur keamanan dan keselamatan, Toyota tetap berupaya untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan raya. Salah satu cara yang dilakukan melalui program Smart Driving.

Dalam payung program Toyota Smart Driving “Drive Your Life!”, Toyota secara aktif memberikan edukasi tentang cara mengemudi yang aman, dan efisien untuk menuju kehidupan bertransportasi yang lebih baik.

"Kami meyakini, cara mengemudi ini merupakan bagian dari proses menuju kehidupan bertransportasi yang lebih baik” kata Marketing Director, PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo di Jakarta.

Dalam konsep Toyota, ada tiga faktor utama yang harus menjadi fokus dalam menekan angka kecelakaan dijalan raya yaitu kendaraan, manajeman lalu lintas atau infrastruktur dan manusianya sendiri (pengendara).

Di acara Toyota Smart Driving “Drive Your Life!”, Toyota juga menghadirkan seorang psikolog bernama Agatha Ardhiati. Wanita cantik ini membeberkan cara untuk mengurangi emosi di jalan ketika sedang berkendara. Menurutnya banyak faktor yang membuat emosi diri timbul, salah satunya adalah kondisi jalan yang macet.

Untuk meredakan emosi saat sedang mengendarai mobil ternyata caranya cukup sederhana. Pengendalian emosi saat menyetir itu penting bagi keselamatan Anda maupun pengguna jalan lainnya.

"Pertama lakukan dengan cara pengaturan nafas. Caranya satu tangan memegang dada dan satunya memegang perut. Setelah itu tarik nafas dalam-dalam menggunakan hidung dan pastikan udara masuk ke perut. Tahan sejenak lalu hembuskan perlahan melalui perut," jelasnya.

"Setelah itu bisa juga melakukan cara lain dengan kepala menunduk hingga dagu menyentuh bagian atas dada lalu menoleh ke kanan, kembali  ke tengah, lalu ke kiri. Lakukan ini sebanyak lima kali." sambungnya lagi.

Tidak percaya? Silahkan coba.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini