Share

50 Ribu Honda Beat Akan Diekspor ke Negara ASEAN

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 11 Desember 2014 14:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 11 15 1077856 50-ribu-honda-beat-akan-diekspor-ke-negara-asean-SQ18PkHzHJ.jpg Jusuf Kalla mencoba skutik produksi pabrik AHM di Karawang (Foto: Santo/Okezone)

KARAWANG - PT Astra Honda Motor (AHM) mulai mengoperasikan pabrik sepeda motor baru di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pabrik tersebut difokuskan untuk memproduksi sepeda motor matik atau skutik.

Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, motor produksi pabrik ke-4 milik AHM tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan pasar ASEAN, terutama Filipina.

"Salah satu tujuan dibangunnya pabrik ini adalah untuk ekspor. Ekspor motor terbilang kecil sementara mobil yang masuk dalam group Astra, seperti Toyota, Daihatsu, dan Isuzu jumlah ekspornya bisa mencapai 200 ribu unit per tahun. Mulai tahun depan AHM merencanakan ekspor sebanyak 40 ribu sampai 50 ribu unit per tahun ke Filipina sebagai tahap awal,” jelas Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International di sela-sela peresmian pabrik AHM di Karawang, Kamis (11/12/2014).

Pabrik AHM ke-4 memiliki kapasitas produksi 1,1 juta unit per tahun. Jika ditotal dengan tiga pabrik AHM lainnya, maka kapasitas produksi motor Honda mencapai 5,3 juta unit per tahun. Angka tersebut menjadikan AHM sebagai produsen sepeda motor Honda terbesar di dunia.

“Semoga pabrik ini menjadi basis eskpor yang dapat meningkat terus menerus dan menghidupi komunitas sekitar,” ungkapnya.

Seperti diberitakan, pabrik ke-4 AHM tersebut diresmikan oleh Wapres Jusuf Kalla tadi siang. Pabrik berdiri di lahan seluas 84 hektare di Kawasan Industri Indoteisei.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini