Share

Ahmad Jayadi Racik Klep Racing

Septian Pamungkas, Jurnalis · Kamis 18 Desember 2014 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 18 15 1081057 ahmad-jayadi-racik-klep-racing-l83aRQhTdr.jpg F: Ahmad Jayadi Racik Klep Racing (ist)

JAKARTA - Di dunia balap motor, katup atau klep (valve) menjadi salah satu komponen mesin yang cukup penting untuk mendongkrak tenaga. Sadar akan hal ini, tim Daya Honda Jayadi KYT Showa Pikoli CLD yang dipunggawai Ahmad Jayadi sukses mengembangkan klep racing yang siap dibuktikan kemampuannya di seri terakhir Honda Racing Championship.

Mantan pembalap nasional itu tidak sendirian dalam mengembangkan klep racing ini. Jayadi yang besar bersama tim Suzuki ini menggandeng Federal Nittan Industries (FNI) perusahaan pembuat klep terbesar di Indonesia dalam mengembangkan klep racing tersebut.

"Kami telah melakukan riset dengan FNI khusus untuk menyambut putaran akhir HRC 2014, hasilnya kita mendapatkan real racing valve, ringan, memiliki dua sudut, batang di bawah valve lebih kecil untuk membuat flow lebih bagus namun sudah teruji kekuatannya," terang Jayadi dalam siaran resmi, Kamis (18/12/2014).

Menurut Jayadi banyak mekanik tim yang tertipu dengan produk klep impor yang diklaim memiliki kemampuan lebih baik. Namun dirinya meyakini klep buatan dalam negeri ini memiliki kemampuan lebih baik.

"Kita telah membuktikannya dengan FNI yang juga penyuplai untuk mesin-mesin motor yang diproduksi di sini, sehingga bisa mengukur secara detail pemakaian material, desain hingga kekuatannya di arena balap," katanya.

Sebagai informasi, FNI merupakan penyuplai terbesar klep untuk mesin-mesin sepeda motor hingga truk di Indonesia. FNI kini berusaha untuk melebarkan sayap dengan menggarap pasar aftermarket khususnya untuk kebutuhan balap.

Performa klep racikan Jayadi ini akan dibuktikan lewat putaran terakhir Honda Racing Championship (HRC) 2014 akan berlangsung Minggu (20 Desember 2014) di Semarang, Jawa Tengah.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini