Share

Mobil Tanpa Awak Diuji saat Tahun Baru

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Rabu 24 Desember 2014 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 24 15 1083282 mobil-tanpa-awak-diuji-saat-tahun-baru-vTdraL1Ljv.jpg F: Mobil Tanpa Awak Diuji saat Tahun Baru (Worldcarfans)

CALIFORNIA - Google kembali memperkenalkan prototipe mobil tanpa pengemudi atau autonomous vehichles (AVs). Kabarnya mobil tanpa awak ini siap berkeliling di jalanan California Utara saat tahun baru.

Sebelumnya pada Mei 2014, Google telah memperkenalkan mobil tersebut, namun saat itu mobil mungil ini belum dilengkapi roda kemudi, pedal gas, dan pedal rem. Google beralasan fitur-fitur tersebut tidak penting.

Seperti dilansir Worldcarfans, Rabu (24/12/2014), versi terbaru dari AVs kini sudah dilengkapi dengan lingkar kemudi, lampu depan, velg baru, kaca spion, pedal gas, dan rem serta bagian atap dibenahi.

Setidaknya dengan adanya fitur baru itu bisa bermanfaat bagi penumpang bila suatu saat sistem sensor yang ada di mobil tidak berfungsi dengan baik dapat mengendalikan mobil secara manual.

Penambahan beberapa fitur tersebut terpaksa dilakukan oleh Google terkait peraturan pemerintah setempat yang mengharuskan setiap kendaraan mempunyai fitur pengaman.

Uji jalan yang dilakukan Google dalam waktu dekat akan mendapat pengamanan dari seorang pengemudi dan terus mengawasi pergerakan dari mobil mungil tersebut menggunakan kontrol manual jika diperlukan. Google berharap pengujian tidak berhenti sampai di sini, ke depan mereka akan terus menguji dan belajar.

Google merupakan satu perusahaan yang turut ambil bagian dalam mengembangkan mobil tanpa awak. Sebelumnya ada beberapa perusahaan mobil yang juga mengembangkan mobil tanpa awak yakni Toyota, Audi, dan Lexus.

Tapi yang membedakan mobil rancangan Google dengan perusahaan mobil adalah soal desain dan penampilan. Mobil Google tampak biasa-biasa saja, bentuknya seperti kubah dan di atasnya terlihat seperti sedang mengenakan topi. Hal tersebut sengaja dilakukan karena Google mengedepankan teknologi ketimbang desain.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini