Mengenal Engine Control Unit

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Kamis 29 Januari 2015 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 28 15 1098618 mengenal-engine-control-unit-htJmTu3Apb.png Engine Control Unit (Foto: Repairpal)

JAKARTA - Dalam dunia automotif ECU kepanjangan dari engine control unit bukan electronic control unit yang selama ini sering disebut. Alat satu ini menjadi sering terdengar lantaran permintaan penyidik dari kepolisian untuk mengungkap kesimpulan dari sisi teknis atas kecelakaan yang melibatkan Mitsubishi Outlander beberapa waktu lalu.

Dijaman serba modren ini semua mobil bersistem injeksi telah dilengkapi dengan perangkat ECU, namun tahukah anda apa tugas dan fungsi ECU pada mobil. Berikut ini penjelasan singkat yang diberikan oleh pemilik workshop Ck Motorsport, Dalvin Kartawidjaja.

Menurut Dalvin ECU adalah Engine Management System yang fungsinya mengatur engine secara keseluruhan, melalui sensor-sensor yang ada di mesin. Karena mobil-mobil sekarang yang bersistem injeksi semuanya sudah diatur oleh ECU.

ECU berperan untuk mengatur Air Fuel Ratio, Ignition Timing, Cam Timing, Idle Speed, RPM, dan lain-lain tergantung dari tipe mobil karena setiap mobil memiliki pengaturan ECU yang berbeda-beda.

Jika dikaitkan dengan kecelakaan kendaraan, ECU tidak bisa menjadi bukti 100 persen, karena ECU bukanlah alat perekam layaknya blackbox pada pesawat.

"Kecelakaan tidak ada hubungannya dengan ECU. ECU bukanlah Blackbox seperti di pesawat. Kalo perlu penyelidikan kemungkinan bisa pasang kamera dalam kabin, seperti yang diterapkan di singapura. Setiap kendaraan diwajibkan untuk memasang kamera didalam kabin yang merekam seluruh kejadian dimulai dengan waktu mesin mobil dinyalakan." ujarnya kepada Okezone.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini